Ustadz Zakat dan Pebisnis UKM Milenial

Ustadz Zakat dan Pebisnis UKM Milenial

WARGASERUJI – Semakin besar ketimpangan ekonomi, semakin besar pula ancaman bagi sebuah negeri. Maka, berterimakasihlah kepada pejuang pemerataan, yakni ustadz zakat dan pebisnis UKM milenial.

Disebut ustadz zakat karena sering menyampaikan hal yang terkait dengan zakat. Tanpa kenal lelah, mengajak orang sadar zakat.

Zakat adalah salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi muslim yang kaya. Tujuannya untuk membersihkan harta, karena sesungguhnya sebagian adalah milik dhuafa.

Dalam perspektif ekonomi, zakat membantu mendistribusikan kekayaan agar tidak hanya berputar pada segelintir orang saja. Karena itu, ustadz zakat bisa dimasukkan sebagai pejuang pemerataan.

Bagaimana dengan pebisnis UKM milenial? Mengapa bisa dimasukkan sebagai pejuang pemerataan?

Mungkin, kata milenial kurang “nyambung”. Maka, perlu disambung-sambungkan dulu. Bisnis milenial berarti bisnis yang pasarnya anak-anak milenial. Sedangkan anak-anak milenial yang menjadi trend, adalah anak-anak dari golongan berada. Artinya, pasarnya sempit, namun uangnya banyak.

Pebisnis yang menyasar pasar sempit orang-orang yang berada, sama artinya mengalirkan uang melalui bisnisnya. Kalau pebisnis UKM, tentu aliran uang akan menyebar ke lingkungan yang pasti didominasi orang-orang ekonomi menengah ke bawah.

Contoh yang paling indah, wisata alam privat. Harganya mahal karena eksklusif, dan hanya orang banyak uang saja yang sanggup. Uang akan mengalir ke pelaku bisnis itu kemudian menyebar ke masyarakat lingkungan.

Dua cara yang berbeda bagi pejuang pemerataan. Dua-duanya menjadi pelopor pejuang pemerataan untuk kedamaian negeri,  ustadz zakat dan pebisnis UKM milenial.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Menonton Film Wide Awake, Kim Myung Min

Film Wide Awake adalah film asal Korea yang rilis pada tahun 2007 dan dibintangi oleh Kim Myung Min. Film ini bercerita tentang seorang bocah...

Rahasia Terapi Sujok Sehingga Mudah Dipelajari

Prof. Park Jae Woo membuat cara agar orang-orang lebih mudah melakukan terapi sendiri, sehingga menciptakan sistem baru yang menjadi rahasia terapi SuJok.

Membuat Gula Merah dari Nira Batang Sawit

Ternyata batang kelapa sawit yang telah tumbang dapat diambil niranya untuk dijadikan gula merah, demikian menurut seorang anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Gerindra,...

Kudis, Penyakit Kulit Klasik yang Masih Mengusik

Kudis yang dalam bahasa medis disebut scabies merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit yang bernama  Sarcoptes Scabeiei varian Hominis. Kudis bisa...
close