Beranda Pro-Kontra

Pro-Kontra

Sehat Mahal Biayanya, Negara Abai atas Rakyatnya?

Sudahlah jatuh, tertimpa tangga pula, begitulah pengibaratan yang terjadi pada rakyat. Para pejabat negara seolah tutup mata atas kesulitan rakyatnya. Tak ada rasa empati. Jauh dari belas kasih.

Ironi, Koordinator Pengawas Pendidikan DPR-RI Dilarang Ceramah di Kampus

Seperti yang dicuitkan Fahri Hamzah pagi ini, bahwa dia masuk daftar tokoh yang dilarang ceramah di beberapa kampus. Padahal dia adalah koordinator pengawas dunia pendidikan di DPR-RI, dan kita tahu dia juga wakil ketua DPR.

Keberadaan KPK telah Menumpulkan Daya Kritis Mahasiswa?

Membaca bahwa pemicu pergerakan mahasiswa kemaren adalah revisi UU KPK membuatku curiga jangan-jangan selama ini KPK lah biang dari ketumpulan daya kritis mahasiswa? Mungkin mahasiswa sangat terpesona dengan KPK sehingga berhalusinansi bahwa KKN sudah dibereskan oleh sang “dewa penyelamat” berbentuk KPK.

Ada Tawaran Menarik dari Ustadz Adi Hidayat, Anda Berminat?

Menurut ustadz yang pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW ini, argumentasi sebaiknya dijawab dengan argumentasi, ilmiah dengan ilmiah, jadi elegan, jangan ilmiah dengan golok.

Senjakala Produk Halal di Negeri Muslim Terbesar

Gempuran produk impor saja sudah membebani, janganlah ditambah dengan aturan yang tak berpihak pada kaum muslim. Mayoritas berasa minoritas. Tersisih di negeri sendiri.

Haruskah Disertasi Dibalas dengan Disertasi?

Dasar diperbolehkannya hubungan seks di luar ikatan pernikahan menurut pak Abdul Aziz adalah surat Al Mukminun ayat 6 yang terjemahannya “Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.”

Tunggangan ‘Wah’ Menteri Baru

Mobil dinas sejatinya adalah alat trasnportasi, perlukah membeli mobil dengan harga 'langit'? Kan yang penting fungsinya berjalan. Spesifikasinya sesuai standar kelayakan. Tak perlu bermewah-mewah. Hidup sederhana. Agar bisa merasakan apa yang diderita rakyat bawah.

Setelah UAS Diperkarakan, Tak Ada Privasi di Rumah Ibadah Lagi?

Setelah Ustadz Abdul Somad (UAS) diperkarakan, semua khotbah di Masjid, Musholla, Gereja, Vihara, dan rumah ibadah lain akan disorot. Pernyataan keyakinan akan diserang. Tak boleh menyatakannya jika dirasa menghina. Akibatnya, tak ada privasi di rumah ibadah lagi?

Pemakan Tanah Papua, Siapa?

Keluarga Besar Indonesia, sepertinya lebih enak diterima daripada "NKRI Harga Mati". Lebih humanis, merangkul. Antara hati dengan hati. Saling bantu, bukan berebut. Saling melindungi, bukan saling menguasai.

Referendum Papua, Mungkinkah?

Sambil menunggu keputusan Jokowi, lembaga saya, Sabang Merauke Circle, nasibnya diujung tanduk, karena Sabang dan Merauke mungkin saja hilang, tinggal Circle nya saja.

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Pendidikan Anak Bermula Dari Rumah

Perlu untuk disadari kalau pendidikan itu tidak harus dan tidak hanya yang berlangsung di ruang kelas atau dari lembaga pendidikan. Keluarga adalah madrasah, rumah...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Omong Kosong Fatar Yani Setelah Dilantik Sebagai Wakil Kepala SKKMigas

Hal yang cukup disesalkan adalah adanya pernyataan Deputi Operasi SKKMigas saat itu, Fatar Yani, yang mengatakan bahwa berhentinya operasi Lapangan Kepodang adalah karena force majeur. Hal ini dinilai menyesatkan dan diduga keras keberadaan dia di SKKMigas untuk melindungi kepentingan Petronas.

Analisis Jual Makanan Lewat Pasar Daring

Makanan khas Jogja apa yang cocok dijual lewat pasar daring (online marketplace)? Apa harus terkenal? Perlu syarat tertentu?
close