Berapa Bumi Agar Hidup Seperti Orang Amerika?

Berapa Bumi Agar Hidup Seperti Orang Amerika?

WARGASERUJI – Global Footprint Network merilis info grafis tentang data penggunaan sumber daya alam di beberapa negara. Salah satunya, Amerika Serikat. Info grafis tersebut menggambarkan jumlah bumi yang dibutuhkan seluruh manusia sesuai gaya hidup suatu negara. Berapa Bumi agar semua manusia hidup seperti orang Amerika?

Dalam info grafis tersebut, Amerika berada diperingkat teratas dengan lima bumi. Kalau semua orang hidup seperti orang Amerika, maka sumber daya alam yang dikuras pasti akan kurang dan butuh empat bumi lagi.

Berapa Bumi Dibutuhkan?
Info Grafis Perbandingan Penggunaan Sumber Daya Bumi

Peringkat selanjutnya diisi oleh negara-negara maju seperti Austalia dengan 4,1 bumi, Russia dengan 3,2 bumi, dan Jerman dengan 3,1 bumi. India berada di urutan ke-14 dengan 0,7 bumi setelah Brazil dengan 1,7 bumi.

Di akhir daftar, ditulis kenyataannya. Saat ini, penduduk bumi menggunakan sumber daya alam 1,75 bumi. Artinya, manusia sekarang pasti hidup dengan cara merusak bumi. Jika tidak ingin merusak, maka harus bergaya hidup paling tidak 1,0 bumi.

Mengapa Amerika Rakus Sumber Daya?

Gaya hidup modern memang butuh sumber daya yang besar. Beberapa negara maju yang berada di peringkat atas menjadi tanda seberapa besar konsumsi gaya hidup masa kini.

Cukup menarik dicermati terkait dua peringkat teratas, Amerika dan Australia. Dua-duanya benua yang diisi mayoritas pendatang dari Eropa. Mungkin sifat-sifat pendatang lebih permisif sehingga tekad mencari kebebasan dan kesenangan lebih besar.

Begitulah adanya. Manusia jika dituruti kemauannya, menjadi sangat rakus sumber daya. Apalagi, sudah tidak ada lagi batasan-batasan dalam hidup. Asal bisa senang, apapun dilakukan walau merugikan pihak lain.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Pendidikan Anak Bermula Dari Rumah

Perlu untuk disadari kalau pendidikan itu tidak harus dan tidak hanya yang berlangsung di ruang kelas atau dari lembaga pendidikan. Keluarga adalah madrasah, rumah...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Omong Kosong Fatar Yani Setelah Dilantik Sebagai Wakil Kepala SKKMigas

Hal yang cukup disesalkan adalah adanya pernyataan Deputi Operasi SKKMigas saat itu, Fatar Yani, yang mengatakan bahwa berhentinya operasi Lapangan Kepodang adalah karena force majeur. Hal ini dinilai menyesatkan dan diduga keras keberadaan dia di SKKMigas untuk melindungi kepentingan Petronas.

Analisis Jual Makanan Lewat Pasar Daring

Makanan khas Jogja apa yang cocok dijual lewat pasar daring (online marketplace)? Apa harus terkenal? Perlu syarat tertentu?
close