Berapa Bumi Agar Hidup Seperti Orang Amerika?

Berapa Bumi Agar Hidup Seperti Orang Amerika?

WARGASERUJI – Global Footprint Network merilis info grafis tentang data penggunaan sumber daya alam di beberapa negara. Salah satunya, Amerika Serikat. Info grafis tersebut menggambarkan jumlah bumi yang dibutuhkan seluruh manusia sesuai gaya hidup suatu negara. Berapa Bumi agar semua manusia hidup seperti orang Amerika?

Dalam info grafis tersebut, Amerika berada diperingkat teratas dengan lima bumi. Kalau semua orang hidup seperti orang Amerika, maka sumber daya alam yang dikuras pasti akan kurang dan butuh empat bumi lagi.

Berapa Bumi Dibutuhkan?
Info Grafis Perbandingan Penggunaan Sumber Daya Bumi

Peringkat selanjutnya diisi oleh negara-negara maju seperti Austalia dengan 4,1 bumi, Russia dengan 3,2 bumi, dan Jerman dengan 3,1 bumi. India berada di urutan ke-14 dengan 0,7 bumi setelah Brazil dengan 1,7 bumi.

Di akhir daftar, ditulis kenyataannya. Saat ini, penduduk bumi menggunakan sumber daya alam 1,75 bumi. Artinya, manusia sekarang pasti hidup dengan cara merusak bumi. Jika tidak ingin merusak, maka harus bergaya hidup paling tidak 1,0 bumi.

Mengapa Amerika Rakus Sumber Daya?

Gaya hidup modern memang butuh sumber daya yang besar. Beberapa negara maju yang berada di peringkat atas menjadi tanda seberapa besar konsumsi gaya hidup masa kini.

Cukup menarik dicermati terkait dua peringkat teratas, Amerika dan Australia. Dua-duanya benua yang diisi mayoritas pendatang dari Eropa. Mungkin sifat-sifat pendatang lebih permisif sehingga tekad mencari kebebasan dan kesenangan lebih besar.

Begitulah adanya. Manusia jika dituruti kemauannya, menjadi sangat rakus sumber daya. Apalagi, sudah tidak ada lagi batasan-batasan dalam hidup. Asal bisa senang, apapun dilakukan walau merugikan pihak lain.

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Membuat Gula Merah dari Nira Batang Sawit

Ternyata batang kelapa sawit yang telah tumbang dapat diambil niranya untuk dijadikan gula merah, demikian menurut seorang anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Gerindra,...

Kudis, Penyakit Kulit Klasik yang Masih Mengusik

Kudis yang dalam bahasa medis disebut scabies merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit yang bernama  Sarcoptes Scabeiei varian Hominis. Kudis bisa...

BPJS Naik, Rakyat Tercekik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kelas I dan kelas II, naik 100 persen. Rencananya, kenaikan iuran...

Ada Tawaran Menarik dari Ustadz Adi Hidayat, Anda Berminat?

Menurut ustadz yang pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW ini, argumentasi sebaiknya dijawab dengan argumentasi, ilmiah dengan ilmiah, jadi elegan, jangan ilmiah dengan golok.