Wisata ke Ulu Kasok Riau

Wisata ke Ulu Kasok Riau

Kawasan Koto Panjang diperbatasan Sumatera Barat dan Riau mengalami perubahan yang sangat berarti sejak dibendungnya Sungai Kampar untuk PLTA.  Akibat pembuatan dam atau waduk untuk PLTA ini, beberapa desa pada kawasan Koto Panjang menjadi terendam sehingga pemukiman warga tersebut dipindahkan ke kawasan aman lainnya.

Sekarang ternyata waduk PLTA menampilkan pemandangan yang sangat eksotis.  Pemandangan ini bisa kita nikmati dari puncak Ulu Kasok, sebuah kawasan disamping kanan jalan lintas Payakumbuh – Bangkinang. Sebelumnya tidak terfikirkan, tapi sejak setahun yang lalu kawasan dibukit ini mulai dibenahi oleh pemuda dan masyarakat setempat dan dijadikan sebagai objek tujuan wisata.

Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan kawasan ini. Hanya berjarak 71 km dari Pekan Baru atau 135 km dari Bukitinggi. Jalan nasional dengan aspal mulus membuat kita nyaman dalam perjalanan. Di pinggir jalan terlihat jelas spanduk dan kawasan bukit Ulu Kasok.

Dari puncak bukit Ulu Kasok, kita dapat menikmati indaknya waduk dengan pulau pulau yang tersebar ditengah waduk. Pulau pulau ini terbentuk akibat bukit bukit kecil yang puncaknya tidak tertutup oleh genangan air.  Keindahan pulau pulau yang dikelilingi genangan air ini tidak kalah dengan indahnya kawasan Raja Ampat di Papua atau kawasan Mandeh di Sumatera Barat.

Kita dapat memilih apakah akan parkir mobil di tempat parkir yang disediakan di kaki bukit atau naik ke atas bukit.  Saat ini membawa mobil ke puncak bukit memang perlu nyali. Jalan yang tersedia mendaki tajam dengan sedikit pengerasan. Jika hujan turun, jalan akan licin sehingga petugas melarang untuk naik membawa mobil.  Syukur saat kami datang, cuaca bagus sehingga jalannya kering dan padat sehingga mobil bisa diparkir di puncak bukit.

Dilokasi, penyelenggara menyediakan berbagai tempat untuk selfi dengan memanfaatkan keindahan waduk. Agar tidak capek turun ke bawah, warung kecil penyedia makanan kecil dan minuman juga tersedia.

Karena keasyikan, tidak terasa kami menghabiskan banyak waktu di Ulu Kasok. Cuaca yang bersahabat dengan keindahan alamnya membuat kita tidak ingin beranjak dari lokasi. Jika ditata lebih baik, dengan perbaikan infrastruktur dan manajemen pengolalaannya, saya kira kawasan ini akan menarik banyak minat wisatawan datang ke Kampar Riau.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close