Supaya Training Lebih Interaktif, Ini Lho Caranya

Supaya Training Lebih Interaktif, Ini Lho Caranya

WARGASERUJI – Pelatihan yang berdampak pada peningkatan produktivitas karyawan adalah goal dari impian seorang trainer. Ketika peserta training telah berhasil melakukan peningkatan produktivitas secara berkesinambungan, bagi trainer materi yang di-delivery-kan telah menjadi tools bagi peserta untuk menyelesaikan masalah di lapangan pekerjaan.

Sayangnya memang, untuk membuat pelatihan yang bisa berdampak sebenarnya tidak mudah. Namun bukan berarti hal tersebut menjadi hal yang mustahil.

Salah satu keahlian dasar yang harus diperhatikan adalah bagaimana menciptakan interaksi antara pemateri dan audiens. Saat Anda mampu menghasilkan interaksi secara alamiah, peserta akan mulai tertarik, kemudian merasa terlibat dan selanjutnya mereka akan antusias.

Nah, saat audiens antusias merespon apa yang Anda sampaikan maka Anda memiliki kesempatan untuk terus melakukan langkah-langkah strategis hingga training Anda berdampak bagi peserta.

Maka menciptakan training yang interaktif itu sangat penting. Apalagi jika training yang Anda bawakan dalam waktu yang cukup lama. Logikanya sederhana, jika durasinya terlalu lama maka audiens akan cepat lelah dan bosan sehingga dampaknya mereka akan kesulitan untuk mencerna materi yang Anda sampaikan.

Karena itulah Anda harus dapat melibatkan audiens dalam training Anda. Beberapa hal ini mungkin bisa jadi rekomendasi buat Anda yang sering kali masih sulit mengajak audiens terlibat dalam sesi training yang Anda sampaikan :

1. MENYAPA dan menanyakan kabar audiens dalam pembukaan
Ajak audiens berinteraksi dengan sapaan – sapaan kecil. Sekedar menanyakan kabar juga dapat mencairkan suasana.

2. MELONTARKAN PERTANYAAN tentang tujuan dan harapan mengikuti training
Ajukan pertanyaan kepada audiens Anda, ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka rasakan karena pada dasarnya semua orang ingin di dengarkan.

3. MEMBUAT AUDIENS SALING BERDISKUSI atau saling menilai suatu topic
Ketika Anda melibatkan audiens dalam diskusi, berarti Anda memberikan kesempatan kepada audiens untuk berpikir kritis dan menginternalisasikan poin yang Anda sampaikan dengan cara-cara yang logis.

4. MEMINTA TOLONG AUDIENS membantu pembicara
Anda bisa melibatkan audiens untuk membantu, menghitung hasil kuis, mengambil undian atau membacakan kesimpulan ini merupakan bentuk aktivitas lainnya yang melibatkan audiens dan menjadikan suasana presentasi menjadi lebih interaktif.

5. MEMBERIKAN QUIZ atau permainan singkat berhadiah doorprize
Anda sebagai pembicara juga dapat membuat kejutan bagi audiens. Caranya bagaimana? Buatlah permainan atau kuis dan meminta audiens untuk menjawab. Lalu berikan kepada salah satu peserta yang berhasil menjawab pertanyaan Anda dengan tepat.

Sumber: Akademi Trainer, Jl. H. Djayadi No.46 Jagakarsa, 12530, Jakarta Selatan, Indonesia

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Hal ini Wajib Dilakukan Pengendara Bila Mendengar Sirine Ambulance

Share menarik dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri berupa fliyer himbauan pada pengendara di jalan raya ketika mendengar sirine ambulance di belakang kendaraan kita....

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Orang Bohong Yang Bertobat vs Orang Bohong Yang Keterusan

Menjaga kejujuran sangatlan penting, sedangkan memelihara kebohongan adalah perbuatan jahat yang akan menghancurkan diri sendiri. Orang yang berbohong lantas bertobat dengan cara mengakui kebohongannya dan...

Air Susu Dibalas Air Tuba

Dalam bahasa Arab, judul yang menggunakan peribahasa di atas ini, juga dikenal dalam sebuah syair: أعلمه الرماية كلَّ يومٍ ولمَّا اسْتَدَّ ساعده رماني U'allimuhur rimaayata kulla yaumin. Falammasytadd...
close