Follow SERUJI

94,594FansSuka
396PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
739PelangganBerlangganan

Dukungan Masyarakat ke Sekolah Bukan Hanya Dana dan Fisik

WARGASERUJI – Salah satu faktor penting dalam pengembangan pendidikan adalah dukungan masyarakat. Sejak diberlakukannya undang-undang nomor 20 tahun 2003 semua sekolah telah memiliki komite sekolah yang merupakan wakil masyarakat dalam membantu sekolah.

Masyarakat dari berbagai lapisan sosial ekonomi telah mengetahui betapa pentingnya dukungan mereka untuk keberhasilan pembelajaran di sekolah. Namun, dalam implementasinya banyak yang kurang memahami bentuk riil yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan potensi sekolah.

“Sebetulnya banyak sekali dukungan masyarakat pada sekolah. Namun sampai sekarang dukungan tersebut belum merata dan lebih banyak pada bidang fisik dan materi,” ungkap Koordinator PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah, Dr Nurkolis MM dalam acara pelatihan praktik yang baik peran serta masyarakat di Hotel Megaland Solo, Kamis (7/2).

Nurkholis menyebut beberapa contoh bantuan yang sering diberikan, seperti pembangunan gedung, merehabilitasi sekolah, memperbaiki pagar, dan sebagainya.

- Advertisement -

“Padahal, masyarakat juga dapat membantu pembelajaran, seperti menjadi guru bantu/guru tamu, narasumber, guru pengganti, mengajarkan kesenian, keterampilan atau agama,” katanya.

Semua lapisan masyarakat, baik kaya atau miskin berpotensi membantu sekolah untuk mendukung proses pembelajaran anak-anak mereka. Namun, hal ini bergantung pada cara sekolah mendorong peran serta masyarakat (PSM) agar mau membantu.

“Cara-cara tersebutlah yang pada pelatihan ini menjadi fokus pembahasan bagi sekolah mitra PINTAR Tanoto Foundation–Universitas Sebelas Maret di Surakarta,” ujar Nurkolis.

Selama kegiatan, peserta lebih banyak dipandu untuk berbagi gagasan, melihat contoh praktik yang baik, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam penyelengaraan pendidikan di sekolah. Dan yang paling utama adalah memberikan solusi serta merumuskan rencana tindak lanjut pengembangan sekolah dengan melibatkan PSM secara maksimal.

“Semua pihak bisa dilibatkan untuk membangun dan mengembangkan sekolah. Kalau di perkotaan seperti Surakarta, yang paling tepat adalah partisipasi dalam bentuk sumbangan pemikiran dan keahlian. Sumbangan pemikiran, dan keahlian sangat diperlukan,” jelas Nurkolis kepada peserta pelatihan.

Contoh sumbangan pemikiran, lanjutnya, ketika sekolah sedang menyusun rencana kerja sekolah (RKS), Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), masyarakat bisa memberikan masukan-masukan, ide-ide atau pemikirannya untuk kemajuan sekolah.

Contoh lainnya, semisal Komite bersama guru menggelar ‘kelas inspirasi.’ Orangtua siswa dengan beragam profesi datang ke sekolah, bercerita tentang pengalaman belajar dan pekerjaannya sehingga menghadirkan inspirasi,  motivasi, sekaligus kebanggaan anak terhadap orang tuanya.

Doktor Manajemen Pendidikan ini juga menjelaskan, kunci untuk mengaktifkan PSM adalah manajemen sekolah yang transparan, akuntabel, dan partisipatif. PSM juga akan terwujud bila sekolah melakukan pendekatan dan terbuka kepada masyarakat baik yang terkait program maupun keuangan.

Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs. Nur Achmad mengungkapkan bahwa peran serta masyarakat perlu didorong secara bersama-sama agar bisa bersinergi dengan sekolah. Mereka memiliki waktu untuk menyesuaikan dengan kurikulum sekolah misal full day school agar dampak pendidikan di sekolah dapat lebih terasa. Baik itu pendidikan karakter maupun pendidikan akademis.

“Orang tua perlu kita dorong untuk lebih bisa mengikuti perkembangan jaman. Sebelumnya masih banyak yang berpikir pendidikan hanya di sekolah dan hanya menjadi tanggungjawab sekolah,” ungkap Nur Achmad.

Padahal, katanya, dengan kompleknya kurikulum, orang tua memiliki peran aktif untuk mengawal pendidikan anak. Bukan hanya di sekolah tetapi dikawal di rumah juga sehingga bisa bersinergi dan saling melengkapi.

Pelatihan penguatan peran strategis PSM bagi mitra UNS dan UIN Walisongo semarang dilaksanakan dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, kegiatan diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari 9 sekolah mitra PINTAR Tanoto Foundation–UNS, dari unsur kepala sekolah, guru senior, komite sekolah, pengawas dan fasilitator kota dari Kecamatan mitra di Surakarta.

Pelatihan difasilitasi oleh Dosen-dosen Fasilitator UNS-PINTAR Tanoto Foundation bidang manajemen yaitu Dr. Marmoah, M.Pd., Dr. Chumdari, M.Pd, dan Sukarmin, PhD.

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Avra Aliviani
Penikmat pendidikan. kritis menyikapi lingkungan. menginspirasi lewat tulisan.

YANG LAGI PRO-KONTRA

Larangan Swafoto di Pesawat Garuda?

Beredar kabar bahwa ada surat dari pihak Garuda yang melarang para penumpang pesawat mengambil gambar foto dan video di dalam kabin pesawat.

Anda Sering Mengkonsumsi Mi Instan? Awas, Risiko Kesehatan Ini Mengintai Anda

Mi instan jadi pilihan di saat-saat mendesak. Entah karena kantong tipis, atau karena terburu-buru. Namun, mi instan sebagai makanan darurat, ada kelemahannya, yakni tidak sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

ARTIKEL TERBARU

Kelebihan Terapi SuJok di Era Medis Abad Ke-20

Terapi SuJok itu sederhana, efektif dan mudah dipraktikkan oleh semua orang. Zona terapi pun cukup di tangan (Su) dan kaki (Jok), jauh lebih sederhana daripada praktek akupuntur. Selain itu, sangat aman digunakan seiring dengan pengobatan apapun. Maka tak heran jika kelebihan terapi SuJok tersebut menjadikannya salah satu elaborasi medis terbesar abad 20.

Rahasia Terapi Sujok Sehingga Mudah Dipelajari

Prof. Park Jae Woo membuat cara agar orang-orang lebih mudah melakukan terapi sendiri, sehingga menciptakan sistem baru yang menjadi rahasia terapi SuJok.

Tingkatkan Perlindungan Privasi, WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Group

WhatsApp memperkenalkan rencana fitur baru sehingga pengguna punya kendali lebih besar terkait dengan keanggotaan dalam grup. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa tolak masuk grup WhatsApp.

Program Sertifikasi Iqro’ Untuk Jaminan Kualitas

Banyak TPA (Taman Pendidikan Al Quran) menjamur di masjid-masjid, patut disyukuri keberadaannya. Artinya, gairah mempelajari Al Quran sudah muncul di mana-mana. Namun, muncul masalah kualitas karena sedikitnya sumber daya ustadz. Untuk itulah diadakan Program Sertifikasi Iqro' (PSI) sebagai cara menjaga kualitas lulusan TPA.

Takut Dosa Itu Sebagian dari Takwa

Takwa bisa dimaknai perbuatan seseorang yang menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Melakukan hal yang dilarang termasuk dosa, sehingga takut dosa itu sebagian dari takwa.

Ustadz Zakat dan Pebisnis UKM Milenial

Semakin besar ketimpangan ekonomi, semakin besar pula ancaman bagi sebuah negeri. Maka, berterimakasihlah kepada pejuang pemerataan, yakni ustadz zakat dan pebisnis UKM milenial.

Diskusi FORPI Sleman: Pengusaha Sampah

Kalau pun pengusaha pengguna sampah terpilah mau membayar mahal, berarti produk yang diolah tinggi nilainya. Contoh nilai tambah yang besar adalah memanfaatkan sampah organik untuk budidaya Magot dan cacing tanah. Selain kandungan protein yang tinggi dari larva magot dan cacing yang didapat, juga tanah bekasnya bisa langsung dipakai sebagai media tanam. 

Kajian Ekonomis Reaktor Cacing

Reaktor cacing temuan Puji Heru Sulistiyono, berhasil meraih beberapa penghargaan dan apresiasi dari Gubernur DIY, Kalpataru dan CSR Pertamina TBBM Rewulu.

Ekonomi Lesu dan Daya Beli Anjlok Itu Realitas, Saatnya Tawarkan Gagasan Solusi

Ekonomi lesu dan daya belu turun, itu adalah realitas, tak perlu diperdebatkan.

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi? Keduanya Saja!

Jika dihadapkan pada pilihan “NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi?”, seakan-akan kedua hal tersebut adalah hal yang bertentangan. Padahal jawaban yang paling membahagiakan adalah memilih kedua-duanya sekaligus

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Rahasia Terapi Sujok Sehingga Mudah Dipelajari

Prof. Park Jae Woo membuat cara agar orang-orang lebih mudah melakukan terapi sendiri, sehingga menciptakan sistem baru yang menjadi rahasia terapi SuJok.

Pembubaran PT: Prosedur dan Akibat Hukum Pembubaran Berdasar RUPS

Pada tahun 2007 Audi, Aryanda dan Chico mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT AAC, yang bergerak di bidang perdagangan. Namun karena kesibukan...

Tingkatkan Perlindungan Privasi, WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Group

WhatsApp memperkenalkan rencana fitur baru sehingga pengguna punya kendali lebih besar terkait dengan keanggotaan dalam grup. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa tolak masuk grup WhatsApp.

Kelebihan Terapi SuJok di Era Medis Abad Ke-20

Terapi SuJok itu sederhana, efektif dan mudah dipraktikkan oleh semua orang. Zona terapi pun cukup di tangan (Su) dan kaki (Jok), jauh lebih sederhana daripada praktek akupuntur. Selain itu, sangat aman digunakan seiring dengan pengobatan apapun. Maka tak heran jika kelebihan terapi SuJok tersebut menjadikannya salah satu elaborasi medis terbesar abad 20.