Tips-tips Praktis Mulai Menulis Artikel

Tips-tips Praktis Mulai Menulis Artikel

WARGASERUJI – Bingung memulai tulisan artikel? Berikut tips-tips praktis mulai menulis artikel.

Pilih Tema yang Mudah

Tips Menulis Gaya
Menulis Mudah

Tak perlu terlalu bermuluk-muluk menghasilkan tulisan hebat. Bermuluk-muluk pertanda menyusahkan diri. Pilih tema yang sudah ‘dikuasai’, kalau bisa yang pernah diungkapkan secara lisan atau tertulis ke orang lain.

Tema sudah dipakai sebagai bahan artikel orang lain? Tak usah digubris. Beda penulis beda gaya, beda sudut pandang, punya keunikan tersendiri. Jadi, tidak perlu harus sesuatu yang sama sekali baru. Kecuali kalau mau buat disertasi, atau untuk pelantikan profesor, itu sih, lain.

Buat Sub-tema

Sub Tema
Membuat Sub-tema

Setelah sebuah tema dipilih, langsung buat sub-tema. Misal, temanya “Bahaya Cacar Monyet”, maka sub-temanya akibat-akibat jika terkena cacar monyet. Setiap akibat diuraikan bisa dengan satu atau lebih  paragraf. Di akhir tulisan bisa ditutup dengan anjuran untuk berhati-hati terhadap penularannya, secara ringkas.

Apakah perlu disambung dengan tema tambahan seperti “Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet”? Sebaiknya tidak. Buat tulisan baru saja dengan tema itu, jika bisa diuraikan secara panjang lebar.

Paragraf Efektif

Paragraf Efektif
Paragraf Efektif

Paragraf sebaiknya dua sampai maksimal lima kalimat. Paragraf yang terlalu panjang, tidak nyaman dibaca. Selain itu, hindari mengulang kalimat yang bermakna identik.

Paragraf yang baik hanya punya satu pokok bahasan. Misal, menguraikan hanya salah satu akibat dari cacar monyet. Jika ditemukan dua pokok bahasan, pisahkan dengan dua paragraf.

Penulisan, Kalimat dan Bahasa

Penulisan
Penulisan

Untuk penulisan yang baku, silakan ikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Karena artikel dibaca banyak orang, maka penulisan yang baku menjadi penting agar tulisan mudah dipahami.

Pilihlah kata-kata baku yang berlaku di Indonesia. Namun, jika ingin memasukkan kata bukan baku seperti bahasa asing atau bahasa daerah, maka diberi format miring (Italic).

Periksa kembali kalimat-kalimat yang ditulis, apakah sudah lengkap unsur-unsurnya. Sebuah kalimat lengkap apabila terdapat minimal subyek dan predikat, dan ditulis dengan dibatasi tanda baca titik.

Namun, jangan takut salah. Menulislah dulu, belajar sambil jalan. Nanti, diperbaiki sedikit demi sedikit. Kalau sudah takut salah, tak pernah mencoba nantinya.

Gaya Penulisan

Gaya Penulisan
Gaya penulisan

Tidak aturan untuk gaya penulisan artikel. Namun, masing-masing gaya punya “rasa” tersendiri.

Misal, gaya menulis seperti obrolan, dengan melibatkan kata “kamu” atau “kalian”. Rasa yang menonjol dari gaya ini adalah santai dan akrab. Biasanya, sangat disukai anak-anak muda.

Sedangkan gaya yang lebih serius, mirip seperti artikel ilmiah. Artikel jenis ini disukai oleh orang yang serius mencari informasi yang dibutuhkan.

Baca Kembali

Baca lagi
Baca lagi

Ketika sudah menyelesaikan sebuah artikel, baca kembali. Bila ada yang kurang tepat seperti tips-tips di atas, diperbaiki. Namun, jangan dirombak keseluruhan. Nikmati saja hasil karya itu, bagus atau kurang bagus.

Salah satu penghambat seseorang tidak segera menghasilkan tulisan adalah terlalu terobsesi membuat tulisan yang sempurna. Padahal, sempurna itu mustahil. Nikmati saja, bukankah menyaksikan tingkah adik bayi yang tak juga berhasil melakukan sesuatu itu terasa lucu dan menggemaskan?

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Mengapa Quran Bukan Tulisan di Atas Kertas?

Andai Al Quran diturunkan dengan tulisan di atas kertas, pasti akan menakjubkan. Tapi, mengapa bukan? Kalau pun diturunkan dengan cara menakjubkan, apa kemudian orang-orang kafir itu beriman?

Pembubaran PT: Prosedur dan Akibat Hukum Pembubaran Berdasar RUPS

Pada tahun 2007 Audi, Aryanda dan Chico mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT AAC, yang bergerak di bidang perdagangan. Namun karena kesibukan...

Kelebihan Sambung Pucuk

Sambung pucuk memiliki beberapa kelebihan, penggabungan antara kelebihan dengan pembiakan secara generatif dan vegetatif.
close