Rakyat Berdaulat Vs 2019GantiPresiden Vs 2019Jokowi2Periode

Rakyat Berdaulat Vs 2019GantiPresiden Vs 2019Jokowi2Periode

Harusnya, rakyat memilih pelayan. Sayangnya, (calon) pelayan dipuja setinggi raja, oleh sebagian. Barangkali hendak mengambil kesempatan, hak-hak “istimewa” pembawaan status si pelayan.

Sebut saja pendukung. Setengahnya sudah menjilat, tapi marah bukan kepalang jika disebut itu.

Pendukung, ada maksud. Namun, wajar jika agar “menang” nantinya atas pendukung “sebelah”. Sementara, sebagian rakyat yang masih merasa sebagai tuan, diam tenang sambil memilih di detik terakhir.

Yang berseru “ganti pelayan”, bisa dari pendukung pelayan yang baru, bisa dari tuan yang tak suka pelayan yang lama. Yang berseru “pelayan tak perlu ganti”, lebih cenderung pendukung, dan kecil kemungkinan karena puas dengan kerja pelayan. Mengapa? Cuma pelayan.

Biasanya, yang bertengkar itu antar pendukung. Sedang si tuan, santai saja. Tapi, kalau sudah berisik, mengganggu juga. Perlu diingatkan.

Masalahnya, pendukung itu sering buta nalar. Diingatkan, dikira pro sebelah. Ya, susah. Tak diingatkan, semakin berisik berantemnya.

Begitulah kalau pilpres dianggap memilih nasib masa depan. Padahal, mungkin hanya sekedar pilih layanan.

Barangkali, perlu ada gerakan, sebut saja “rakyat berdaulat”, yang menggandeng tangan kedua pendukung, dibawa ke tengah, dan ditengahi. Kemudian menunggu waktu lewat hingga April 2019 tanpa berkelahi. Sambil mewanti-wanti, jangan saling benci setelah sang pelayan rakyat sudah terpilih.

Sesudahnya, si tuan bisa suruh-suruh pelayan bekerja dengan baik, dan peringatkan bila tak becus. Demi kemuliaan tuan-tuan.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Mengapa Quran Bukan Tulisan di Atas Kertas?

Andai Al Quran diturunkan dengan tulisan di atas kertas, pasti akan menakjubkan. Tapi, mengapa bukan? Kalau pun diturunkan dengan cara menakjubkan, apa kemudian orang-orang kafir itu beriman?

Pembubaran PT: Prosedur dan Akibat Hukum Pembubaran Berdasar RUPS

Pada tahun 2007 Audi, Aryanda dan Chico mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT AAC, yang bergerak di bidang perdagangan. Namun karena kesibukan...

Kelebihan Sambung Pucuk

Sambung pucuk memiliki beberapa kelebihan, penggabungan antara kelebihan dengan pembiakan secara generatif dan vegetatif.
close