Wawasan Kebangsaan, Bekal untuk Pelajar SMA dari Danramil 02/Matraman

Wawasan Kebangsaan, Bekal untuk Pelajar SMA dari Danramil 02/Matraman

JAKARTA TIMUR, WARGASERUJI – Wawasan Kebangsaan (wasbang) yang terpusat di SMAN 31 diikuti oleh pelajar SMA Negeri maupun SMA Swasta. Materi Wawasan Kebangsaan ini harus diberikan sejak dini agar dapat memahami artinya. Tujuannya agar timbul kesadaran perlunya menjaga keutuhan NKRI melalui berbagai kegiatan positif mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Pelajar SMA sebagai generasi penerus bangsa harus mempersiapkan diri dengan baik agar tidak ketinggalan jaman dengan teknologi yang semakin canggih diharapkan SDM (sumber daya manusia) dapat bersaing dengan negara lain,” ucap Danramil 02/Matraman, Kodim 0505/ Jakarta Timur  Mayor Inf Ahmad Yuono. Pesan tersebut disampaikan pada saat memberikan pembekalan Wasbang kepada pelajar SMAN 31, SMAN 40, SMA Muhammadiyah dan SMA Cipta Karya dengan jumlah 100 orang murid yang mengikuti kegiatan Wasbang, Kamis (25/9).

Pemahaman Wawasan kebangsaan yang disampaikan Mayor Inf Ahmad Yuono kepada para pelajar adalah sangat penting bagi generasi muda setingkat SMA agar para pelajar dapat terus menjaga keutuhan NKRI dimasa yang akan datang. Wujudnya berupa semangat dalam belajar yang nantinya akan berkembang maju bersama dalam mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia.

“Di era globalisasi serta kemajuan sekarang ini tentunya banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Tidak hanya upaya memecah belah bangsa saja namun berbagai persoalan tindak kejahatan dan kriminalitas harus dihindari termasuk masalah narkoba dikalangan remaja, geng motor, tawuran antar pelajar dan lainnya,” tambah Danramil.

Sementara itu di tempat yang sama, Kasubbid Bina Ideologi Roberto Manurung menyampaikan pesan-pesannya kepada para pelajar.

“Masalah kriminalitas harus dihindari dan dibuang jauh-jauh dari lingkungan Sekolah, sebagai generasi muda khususnya pelajar karena akan merusak diri sendiri , lingkungan Sekolah dan keluarga,” ungkap Roberto.

Disampaikan juga pemahaman nilai wawasan kebangsaan rasa ingin memiliki dalam membangun karakter bangsa yang berwawasan Pancasila ini yang harus dimiliki oleh setiap generasi muda sekarang sebagai penerus bangsa dimasa mendatang.

Kegiatan pembekalan pelajar tidak hanya berkaitan masalah wawasan kebangsaan saja namun juga memberikan pemahaman pada aspek idiologi, sosial budaya, ekonomi dan lainnya.

Ucapan terima kasih disampaikan Kepala sekolah SMAN 31 Bapak Burhanuddin serta para Guru pendamping SMA 40, Muhammadiyah dan Cipta Karya, kepada Danramil 02/Matraman, Kepala  Kesbangpol Jaktim beserta Jajarannya dan Ketua FPK.

“Karena dengan Giat Wasbang, para Pelajar menjadi mengerti akan Cinta tanah air nya,” tandas Burhanuddin. (M.Solichin)

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close