Mulawarman Peduli | Koramil 06/Samboja Lestarikan Budaya Gotong Royong

Mulawarman Peduli | Koramil 06/Samboja Lestarikan Budaya Gotong Royong

TENGGARONG, WARGASERUJI – Koramil 06/Samboja Kodim 0906/Tenggarong, terus berupaya untuk melestarikan budaya warisan leluhur, yaitu gotong royong. Hal ini terlihat dalam kegiatan “Jumat Bersih” yang digelar di  Jalan Balikpapan-Handil,  Kel. Kampung lama, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (02/08/2019).

Dalam kegiatan itu, Komandan Koramil (Danramil) 06/Samboja Kapten Inf Masrum, beserta anggotanya, Ketua Rt 01 beserta warga, Kepala sekolah SMAN 1 Samboja Bp. H. Burhanudin Spd. Mpd. Beserta Siswa siswi  50 orang bersama-sama dengan  Masyarakat  sekitar, melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan, selokan yang penuh sampah, dan sepanjang jalan Balikpapan-Handil,  Kel. Kampung lama.

Tak hanya kegiatan Jumat Bersih, Koramil 06/Samboja  ini juga kerap merangkainya dengan “Jumat Sehat”.

“Semua kegiatan di hari Jumat ini, menjadi cerminan bahwa lingkungan yang bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing, sehingga akan menciptakan sikap yang sehat dalam hidup bermasyarakat,” ujar Burhanudin.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

“Hal Ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai aparat kewilayahan. Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk memberikan contoh dengan melakukan hal yang postif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari Jumat,” ungkap Danramil, Kapten Masrum.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru. Selain itu, kegiatan Jumat Bersih juga akan melestarikan gotong royong sebagai salah satu budaya warisan para leluhur kita,” imbuhnya. (M.Solichin)

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close