Pesona Jembatan BJ Habibie Sebagai Icon Kota Batam

Pesona Jembatan BJ Habibie Sebagai Icon Kota Batam

Batam – Tak lengkap rasanya jika berkunjung di Pulau Batam, namun tak mengunjungi salah satu icon Batam, yakni Jembatan Barelang.

Jembatan yang terletak di Provinsi Kepulaun Riau ini menghubungkan antara pulau-pulau, yakni pulau Batam sendiri, Pulau Nipah, Pulau Galang, Pulau Galang Baru, Pulau Tonton dan Pulau Rempang. Dan nama jembatan barelang sendiri ternyata merupakan singkatan dari nama pulau-pulau tersebut, yakni BAtam-REmpang-GAlang.

Jembatan dengan desain yang sangat unik ini disebut juga sebagai jembatan BJ Habibie. Mengapa demikian? Karena ternyata jembatan ini adalah proyek besar berteknologi tinggi yang melibatkan banyak insinyur Indonesia tanpa campur tangan insinyur luar negeri, dengan Bapak BJ Habibie selaku pencetus sekaligus konseptor pembangunan jembatan ini.

Konon katanya, sebelum pembangunan jembatan ini, suami dari almarhumah Ibu Ainun beserta beberapa stafnya mengitari gugusan kepulauan Batam, Rempang dan Galang dengan helikopter untuk menyusun ide pembuatan jembatan unik ini.

Jembatan Barelang terdiri atas enam buah jembatan, yaitu :

1. Jembatan Tengku Fisabilillah atau disebut jembatan barelang satu. Merupakan jembatan yang paling besar diantara jembatan yang lainnya. Jembatan yang paling dikenal oleh masyarakat ini memiliki panjang 642 M, lebar 21,5 M, dan tinggi 350 M yang menghubungkan antara Pulau Batam dengan Pulau Tonton.

2. Jembatan Nara Singa atau disebut jembatan barelang dua. Jembatan yang berbentuk lurus tanpa lengkungan dengan panjang 420 M dan tinggi 160 M, dan menghubungkan antara Pulau Tonton dan Pulau Nipah

3. Jembatan Ali Haji atau disebut jembatan barelang tiga. Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Nipah dengan Pulau Setokok ini memiliki panjang 270 M dengan tinggi 45 M.

4. Kemudian Jembatan Sultan Zainal Abidin atau disebut sebagai jembatan barelang empat yang memiliki ketinggian 145 M dengan panjang 365 M. Jembatan dengan desain berjenis Concrete Box ini menghubungkan antara Pulau Setokok dengan Pulau Rempang.

5. Selanjutnya adalah Jembatan Tuanku Tambusai atau disebut sebagai jembatan barelang lima.  Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Rempang dengan Pulau Galang ini memiliki panjang 385 M, lebar 31 M dan tinggi 245 M.

6. Terakhir adalah Jembatan Raja Kecil atau jembatan barelang enam yang menghubungkan antara Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru. Jembatan yang dikenal bersejarah atas pulau-pulau yang dihubungkannya ini memiliki panjang 180 M dan tinggi 45 M.

Para wisatawan bisa dengan mudah menjangkau jembatan-jembatan ini tanpa dipungut biaya sepeserpun. Wisatawan juga dapat menikmati indahnya laut, serta pulau-pulau yang nampak kecil dari atas jembatan.

Laut yang nampak kehijauan serta semilir angin menambah suasana romantis bagi pasangan suami istri yang baru menikah untuk berkunjung di jembatan dengan sejuta pesona ini. Menikmati keindahan ciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala dengan didampingi kuliner khas yakni kepiting kering goreng, aneka kuliner sea food, jagung bakar, dan lainnya.

Selain itu pengunjung yang memiliki hobby memancing, bisa juga mencoba keahliannya di bawah jembatan, atau dengan menyewa perahu untuk memancing di tengah laut. Sungguh menarik bukan? Jadi, kapan anda berkunjung ke Batam?

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close