Mengapa Berita Media-media Online Mainstream Nasional Mulai Berimbang?

Mengapa Berita Media-media Online Mainstream Nasional Mulai Berimbang?

WARGASERUJI – Terkait dengan susasana Pemilihan Presiden 2019, beberapa minggu ini jika kita perhatikan media-media berita online utama nasional sudah mulai berimbang dalam menulis isi berita. Hal ini menjadi aneh rasanya.

Kita tau biasanya media-media berita online tersebut seringkali berat sebelah dalam postingan isi berita mereka, terutama berat kepada kubu Petahana dan mengabaikan pihak oposisi. Saking sudah terbiasanya masyarakat dengan ketidakberimbangan tersebut, maka keberimbangan isi berita yang dirasakan saat ini menjadi tidak biasa pula.

Hal ini menunjukkan indikasi apa?

Menurut analisa Saya, ada 2 kemungkinan yang sangat mungkin mempengaruhi keberimbangan ini.

Pertama, adanya kemungkinan media-media berita online utama nasional ini sudah dapat membaca bahwa Petahana akan tumbang, maka mereka segera mengambil posisi aman agar nanti pada era Presiden Baru mereka pun bisa “selamat”.

Bukan hal yang baru, dan semua orang juga sudah tau bahwa media-media tersebut seringkali berat sebelah dalam memberitakan sesuatu terkait dengan pihak oposan petahana.

Kemungkinan kedua adalah berkurangnya “nilai ekonomis” kerjasama dalam hal ekspos berita antara kubu petahana dengan media-media online utama nasional tersebut, sehingga mau tak mau komposisi isi berita kembali pada kondisi normal.

Kondisi normal dimana insan pers wajib untuk memunculkan isi berita yang berimbang bagi kedua belah pihak.

Harus seperti itu jika tidak ingin ditinggalkan pembaca dan dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan dari Iklan maupun berkurangnya vieuwer dan traffic berita. Yang pastinya akan berimbas kepada keuntungan perusahaan berita tersebut dan kelangsungan hidup perusahaan.

Bisa jadi ada hal-hal lain yang melatarbelakangi kejadian luar biasa ini. Bagi pembaca yang tau, mungkin bisa menulis sesuatu di kolom komentar.

MERDEKA!

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Kudis, Penyakit Kulit Klasik yang Masih Mengusik

Kudis yang dalam bahasa medis disebut scabies merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit yang bernama  Sarcoptes Scabeiei varian Hominis. Kudis bisa...

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close