Ingin Tulisan Kamu Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

Ingin Tulisan Kamu Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

WARGASERUJI – Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan kamu di portal “WARGA SERUJI”, berikut kami berikan sedikit petunjuk yang mungkin dapat membantu menulis lebih baik.

Pertama, terkait judul tulisan. Perlu diketahui judul adalah hal yang pertama akan dibaca pembaca. Dari judul lah pembaca akan memutuskan, apakah akan terus membaca atau leave it.

Judul ibarat packaging dari sebuah produk, oleh karenanya ia harus semenarik mungkin, sehingga orang ingin tahu apa isi dari tulisan kamu. Tapi ingat, judul juga harus tetap konsisten menggambarkan isi.

Selain itu, perhatikan juga tata tulis judul. Judul harus diatur sedemikian rupa, dimana seluruh awalan kata adalah huruf KAPITAL. Ingat hanya awalan kata, bukan keseluruhan kata. Kecuali kata preposisi seperti ‘di, ‘ke’, ‘dari’ dan sejenis. Dilarang menggunakan huruf KAPITAL untuk seluruh judul.

Kedua, pilihlah kanal atau kategori yang paling sesuai untuk tulisan kamu. Kanal ini akan membantu pembaca mencari tulisan sesuai minatnya. Saat pembaca yang berminat membaca hal-hal terkait kuliner, mereka akan membuka kanal kuliner dan akan menemukan tulisan kamu tentang kuliner di kanal tersebut.

Ketiga, terkait isi artikel. Perhatikan bahwa kami tidak mengizinkan backlink di setiap tulisan yang mengarahkan pembaca ke link URL manapun, kecuali ke URL di SERUJI Network.

Perhatikanlah setiap kalimat yang ditulis. Ingat, maksimal panjang kata yang diizinkan hanya 2000 kata dalam setiap artikel. Jika artikel kamu lebih panjang dari itu, tulislah dalam bentuk artikel berseri.

Panjang setiap alinea atau paragraf jangan lebih dari 5 kalimat. Ini bertujuan agar pembaca di smartphone tetap nyaman membaca tulisan kamu, yang tidak lebih panjang paragrafnya dari layar smartphone.

Keempat, artikel haruslah ditulis dengan tata bahasa standar. Koreksi agar tidak ada typo, penggunaan kata yang salah, kalimat yang rancu dan sejenis, yang akan menyulitkan pembaca memahami pesan yang ingin kamu sampaikan dalam tulisan.

Tata tulis juga akan membantu pembaca untuk lebih menikmati tulisan kamu. Lazimnya untuk kata dalam bahasa asing, dibuat miring (Italic). Sementara untuk kutipan kalimat langsung yang diucapkan, ditempatkan dalam tanda petik dua dan sebelumnya diakhiri dengan koma –kecuali ada tanda tanya maka tak diperlukan koma. (contoh: “…. tulisan bagus ini dipersembahkan……,” kata Amir.)

Kelima, selalu sertakan artikel kamu dengan gambar utama. Fasilitas ‘Gambar Utama’ adalah gambar yang akan dimunculkan di bagian paling atas tulisan saat terbit di portal WARGA SERUJI. Gambar yang kamu ‘upload’ haruslah representasi dari yang kamu tulis.

Jangan upload foto diri di fasilitas ‘Gambar Utama’, karena foto diri kamu sudah eksis dibagian bawah setap tulisan yang diterbitkan. Gambar yang menarik akan membuat pembaca penasaran untuk segera membaca tulisan kamu.

Yang penting diingat, gambar haruslah dalam posisi landscape/mendatar dan ukuran gambar utama jangan kurang dari 600 pixel lebarnya. Ukuran yang disarankan minimal 600×400 pixel.

Setelah gambar diupload, jangan lupa isi CAPTION dari gambar tersebut. Caption ini akan menjadi keterangan dari gambar yang kamu upload saat ditampilkan di artikel. Ingat, yang diisi adalah bagian Caption, bukan bagian KETERANGAN gambar yang fungsinya hanya untuk identitas gambar.

Keenam, berpromosilah. Walau kami memiliki fasilitas yang otomatis mengirimkan setiap tulisan yang baru terbit di portal ini ke berbagai akun sosial media serta aplikasi kirim pesan dan terindex di mesin pencari google, tapi jika kamu mempromosikan tulisan sendiri, akan jauh lebih ber-impact mendatangkan pembaca.

Caranya; share-lah tulisan kamu ke akun sosial media yang dimiliki, juga broadcast ke kontak-kontak di aplikasi kirim pesan seperti Whatsapp dan Telegram. Dengan cara ini, dalam waktu singkat tulisan kamu akan dibaca ratusan pengunjung. Bisa jadi akan viral jika di-share juga oleh banyak pembaca.

Ketujuh, jangan lupa lengkapi data profile akun kamu. Dengan data profile yang lengkap, pembaca akan mudah menelusuri artikel kamu, dan memfollow akun kamu, agar dapat mengikuti setiap artikel baru yang kamu terbitkan. Gunakan foto diri untuk foto profile kamu, jangan gambar/foto yang lain, karena akan mengurangi kredibilitas kamu, juga akun kamu tidak akan dianggap sebagai akun terverifikasi.

Selamat mencoba….

Sudah siap menulis di Warga SERUJI, silakan klik link ini.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Orang Bohong Yang Bertobat vs Orang Bohong Yang Keterusan

Menjaga kejujuran sangatlan penting, sedangkan memelihara kebohongan adalah perbuatan jahat yang akan menghancurkan diri sendiri. Orang yang berbohong lantas bertobat dengan cara mengakui kebohongannya dan...

Whatsapp Seminar Memanfaatkan Setting Akses Grup

Tidak banyak yang tahu, kalau grup Whatsapp sekarang bisa diseting agar hanya admin yang boleh kirim pesan di grup. Caranya pun mudah. Sebagai admin,...

Tumpangsari Melon dan Semangka Sangat Menguntungkan

Pangkalan Bun - Petani melon dan semangka Desa Pasir Panjang RT 04 Arut Selatan Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, merasa diuntungkan dengan teori barunya....
close