Komunitas Sahabat Purworejo, Merangkai Harapan di Tanah Rantau

Komunitas Sahabat Purworejo, Merangkai Harapan di Tanah Rantau

Merantau kemungkinan sudah menjadi budaya yang umum di kalangan masyarakat. Bahkan tak jarang merantau lintas pulau bahkan lintas negara.

Demikian juga yang terjadi dengan sebagaian warga masyarakat di Kabupaten Purworejo dalam rangka untuk meraih masa depan lebih baik. Dengan wiraswasta atau bekerja pada instansi pemerintah atau perusahaan swasta.

Hubungan silaturahmi sesama perantau terkadang mampu terbina dengan baik dan terkadang menjadi renggang juga akibat kesibukan masing-masing warga rantau.

Sahabat Purworejo (SP) sebagai sebuah komunitas yang mewadahi kegiatan sosial kemasyarakatan melakukan terobosan dengan adanya kopdar (kopi darat) atau family gathering.  Hal ini tentunya untuk memperkuat tali silaturahmi dan juga rasa kekeluargaan sebagai sesama warga rantau.

Dengan tema GRB atau Guyub Rukun Bareng sebagai mottonya tentunya sangat terasa kesannya bagi anggota komunitas.

Bertempat di Pantai Karang Meong, Banten, Sahabat Purworejo melakukan family gathering dalam rangka memperkuat kembali ikatan sesama warga rantau. Dengan kemasan acara yang sederhana tapi mengesankan mampu memberikan dorongan psikologis bagi anggota komunitas untuk menyongsong hari esok.

Menurut Kusbiantoro sebagai senior dalam komunitas SP, bahwa komunitas ini bersifat sukarela dan bertujuan untuk mempererat rasa saling tenggang rasa dan kekeluargaan sebagai sesama perantau.

Hal ini tentunya patut untuk ditiru oleh warga perantau lain, dalam rangka untuk menguatkan tali kekeluargaan bahkan tali kebangsaan dalam hati dan jiwa anggota.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close