close

Whatsapp Seminar Memanfaatkan Setting Akses Grup

Tidak banyak yang tahu, kalau grup Whatsapp sekarang bisa diseting agar hanya admin yang boleh kirim pesan di grup. Caranya pun mudah. Sebagai admin, masuk ke dalam grup kemudian pilih “Setelan grup”.

Dalam “Setelan grup”, ada tiga yang bisa diatur, yaitu opsi “Edit info grup”, opsi “Kirim pesan”, dan opsi “Edit admin grup”. Dua opsi pertama bisa diset apakah hanya admin yang boleh atau semua anggota grup.

Apa manfaat opsi-opsi tersebut? Cukup banyak. Jika suatu grup dibuat hanya untuk siarkan pengumuman, tentu opsi kirim pesan bisa dibatasi hanya oleh admin. Namun, dalam tulisan ini dibahas pemanfaatannya untuk tujuan yang lebih berguna, yaitu untuk seminar.

Di dalam sebuah seminar, ada pembicara (disebut narsum), ada moderator, dan ada pemirsa. Moderator mengatur jalannya seminar agar narasumber memiliki waktu untuk berbicara lebih banyak dibandingkan pemirsa, tentu saja. Caranya, kalau offline, dengan tempat duduk khusus di depan (biasanya) dan alat pengeras suara.

Whatsapp Group bisa diset mendekati kondisi seminar offline. Hanya moderator dan nara sumber yang menjadi admin, dan grup diset hanya admin yang bisa kirim pesan di grup.

Bagaimana jika sesi pertanyaan? Ada dua cara.

Pertama, admin membuka akses untuk kirim pesan saat sesi pertanyaan. Kelebihannya, semua anggota dapat langsung mengajukan pertanyaan tanpa menunggu anggota lain selesai mengajukan pertanyaan. Kelemahannya, anggota saling berdiskusi sendiri dalam grup dan mengurangi konsentrasi ke narasumber. Makanya perlu ada pembatasan seperti waktu akses dan aturan lain berdasarkan kesepakatan bersama.

Kedua, mengajukan pertanyaan ke admin melalui chat/japri. Admin bisa menyeleksi pertanyaan, sekaligus menyingkat kalau perlu, untuk diteruskan ke dalam grup. Kelemahannya, admin akan repot menerima pertanyaan satu per satu sehingga akan ada jeda waktu, walau mungkin tidak lama.

Dari ulasan di atas, seminar melalui grup Whatsapp mungkin bisa jadi alternatif ketika sulit mengadakan pertemuan karena waktu dan tempat yang susah disesuaikan. Namun, jelas banyak hal yang tidak didapatkan, terutama dalam hal tatap muka yang seringkali lebih bernilai dari sekedar konten seminar. Juga, grup Whatsapp tidak menyediakan fasilitas untuk menyembunyikan nomor anggota yang lain, sehingga disarankan hanya seminar di kalangan tertentu yang sudah saling kenal saja kalau terkait dengan keamanan.

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Muhammad Hanif Priatama
Penulis bebas yang bebas menulis untuk belajar menjadi manusia sesungguh-sungguhnya. https://t.me/sobatbersih
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

Loading...

TANGGAPAN TERBANYAK

pubsec

Ngerumpi tentang Sektor Publik

TERPOPULER