Tingkatkan Perlindungan Privasi, WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Group

Tingkatkan Perlindungan Privasi, WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Untuk Group

WARGASERUJI – WhatsApp memperkenalkan rencana fitur baru sehingga pengguna punya kendali lebih besar terkait dengan keanggotaan dalam grup. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa tolak masuk grup WhatsApp. Namun, hingga hari ini setelah aplikasi di-update, fitur tersebut belum muncul.

Cara mengaktifkannya, seperti yang dijelaskan dalam situs blog.whatsapp.com yang diakses pada Sabtu (13/7), adalah dengan memilih Setelan > Akun > Privasi > Grup, kemudian memilih tiga opsi:

  • “Tidak Ada”
  • “Kontak Saya”
  • “Semua Orang”

Jika memilih opsi “Tidak ada”, berarti tidak ada yang bisa memasukkan ke dalam grup sembarangan dan harus disetujui pengguna.

Kalau memilih opsi “Kontak Saya”, berarti hanya orang yang ada di daftar kontak yang bisa memasukkan ke dalam suatu grup. Namun, tidak langsung bisa masuk grup karena yang memasukkan akan diminta mengirim undangan sehingga pengguna bisa mengevaluasinya dan memutuskan akan masuk grup atau tidak. Undangan yang dimaksud memiliki jangka waktu sehingga akan kedaluwarsa setelah tiga hari.

Sedangkan opsi terakhir, pengguna membolehkan siapapun untuk memasukkan ke dalam grup apapun. Sama seperti versi yang sekarang ini.

Masih menurut berita dari blog tersebut, fitur-fitur ini mulai diperkenalkan dan akan tersedia bagi semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang. Tentu, setelah melakukan update aplikasinya.

Bagi orang yang menjaga privasi, fitur ini cukup membantu agar tidak sembarang orang memasukkan dirinya dalam grup-grup Whatsapp. Mereka bisa tolak masuk grup WhatsApp cukup dengan set privasi seperti di atas, tanpa repot komplain ke orang yang mengundang.

Fitur ini juga bermanfaat untuk menjaga performa ponsel pintarnya, juga yang ingin fokus berkomunikasi agar tidak terganggu grup-grup yang tidak jelas tujuannya. Daripada repot-repot keluar grup, lebih baik dari awal pilih-pilih dulu.

Namun, apakah fitur ini cukup dinanti? Silakan komentari.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close