Penumpang di Sayap, Pesawat Masa Depan Bernama Flying-V

Penumpang di Sayap, Pesawat Masa Depan Bernama Flying-V

WARGASERUJI – Perusahaan penerbangan Belanda, KLM, sedang mengembangkan pesawat masa depan. Bentuk pesawat dibuat agar lebih efisien bahan bakar, sehingga meletakkan penumpang di sayap pesawat.

Bentuknya seperti huruf V, sehingga terlihat futuristik, ringan dan aerodinamis. Desainernya mengklaim pesawatnya mengkonsumsi bahan bakar hingga 20 persen lebih irit daripada Airbus A350, pesawat tercanggih saat ini.

Walau versi prototipe akan segera tersedia, versi komersial mungkin akan ada setidaknya di tahun 2040. Pesawat yang gagasan awal dari seorang mahasiswa bernama Justus Benad ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Universitas Teknik Delft di Belanda yang sekarang bekerjasama dengan KLM.

Penampakan Pesawat Flying-V
Penampakan Pesawat Flying-V

Pesawat yang diberi nama Flying-V ini akan dapat mengangkut 314 penumpang, bahan bakar dan kargo, dengan lebar sayap yang sama dengan pesawat komersial saat ini. Kelebihannya, bisa melakukan perjalanan yang lebih jauh dan berkelanjutan.

“Flying-V lebih kecil dari A350 dan memiliki luas permukaan inflow lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah volume yang tersedia,” Roelof Vos, pemimpin proyek di TU Delft, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Itu artinya Flying-V membutuhkan lebih sedikit bahan bakar untuk jarak yang sama,” lanjutnya.

Pesawat itu juga diklaim menggunakan mesin turbofan paling efisien bahan bakar yang ada, menurut KLM.

Sementara model saat ini masih menggunakan kerosene, namun dapat diadaptasi untuk menggunakan turbofans listrik di masa depan. Tujuannya, agar menjadi pesawat yang bebas emisi CO2.

Kalau ujicoba berhasil, barangkali model penumpang di sayap akan banyak menghiasi langit di masa depan. Siapa tahu?

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close