Kekuatan Lisensi Sumber Terbuka Android dan Kelemahannya

Kekuatan Lisensi Sumber Terbuka Android dan Kelemahannya

WARGASERUJI – Android adalah sistem operasi yang memiliki lisensi sumber terbuka (open source). Siapapun bisa menggunakan kode-kode programnya, mengubah atau memodifikasinya, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Ini kekuatan lisensi sumber terbuka yang utama.

Karena itu, ponsel yang menggunakan sistem operasi Android bisa sangat murah. Pembeli hanya membayar fisik ponsel. Berbeda dengan IPhone yang menjual fisik serta sistem operasinya tanpa terpisah.

Kekuatan lisensi sumber terbuka yang lain adalah pengembangan berbasis komunitas. Sebuah komunitas yang berisi pengembang perangkat lunak di seluruh dunia bahu membahu “mengerjai” Android dari versi ke versi.

Android memiliki lisensi sumber terbuka yang dikeluarkan oleh Google Inc. Namun, Android hanyalah sebuah pengembangan dari sistem operasi dasar dari Linux Kernel yang lebih dahulu memiliki lisensi sumber terbuka.

Secara sederhana, Android adalah kerja gotong royong. Hasilnya, siapapun boleh pakai, boleh modifikasi. Namun, Google yang paling mendapatkan manfaat karena beberapa service sudah disesuaikan dengan infrastruktur milik Google, misalnya dengan Google Play Store-nya.

Beberapa kelompok penggiat perangkat lunak lisensi sumber terbuka banyak membuat alternatif aplikasi yang lepas dari Google. Namun, pasar sangat mudah dipengaruhi kemewahan fasilitas tanpa perlu berumit-rumit sehingga segera saja Google mampu mengikat ketergantungan para pengguna ponsel Android.

Di sinilah kelemahan lisensi sumber terbuka, khususnya yang dikeluarkan oleh Google. Asalnya adalah niat bergotong royong, namun untung direbut para korporat penguasa pasar.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close