FaceApp, Jadi Pahlawan Sekaligus Ancaman

FaceApp, Jadi Pahlawan Sekaligus Ancaman

WARGASERUJI – Karena membantu polisi menemukan anak yang diculik, Aplikasi FaceApp jadi pahlawan. Seperti yang diberitakan Daily Mirror, Jumat(19/7), Yu Weifang yang berusia 21 tahun kembali bertemu dengan orang tua kandungnya setelah 18 tahun lamanya berpisah.

Polisi di daerah Cina Timur berhasil berhasil melacaknya dengan menggunakan aplikasi penuaan wajah FaceApp. Polisi menggunakan fotonya yang masih kecil untuk memprediksi seperti apa wajah anak tersebut ketika dewasa. Kemudian mencocokannya dengan database ribuan orang.

Walau mereka saling bertemu, polisi masih menyelidiki kasus penculikan tersebut, dan belum menemukan pelakunya.

Ancaman

FaceApp juga dikritisi terkait keamaan data pengguna. Untuk bisa menjalankan aplikasi, pengguna harus terhubung dengan internet. Data foto harus diunggah ke server FaceApp tersebut agar bisa diproses.

Bila data tersebut disalahgunakan, bisa merugikan pengguna. Namun, pihak FaceApp membantah dan menjelaskan bahwa server mereka di data center milik Amazon, serta tidak akan memanfaatkan foto pengguna. Bahkan, mereka mengklaim secara periodik menghapus foto-foto di server.

Tanpa disadari, sebenarnya aplikasi yang meminta data pengguna tidak hanya FaceApp. Semua media sosial, bahkan situs-situs lainnya, juga meminta data pengguna. Contoh kasus paling viral, tentang skandal Facebook yang membocorkan data penggunanya.

Ada ancaman lain yang bisa muncul. Namun, datangnya dari pengguna FaceApp. Kemampuan mengubah gambar wajah menjadi tua atau anak-anak bisa disalahgunakan oleh pengguna yang usil atau bahkan yang beniat jahat.

Misal, untuk mengelabui seseorang maka foto yang ditampilkan menjadi lebih tua atau bahkan lebih muda. Dengan cara itu, bisa memperlancar aksi penipuannya.

Akhirnya, saran untuk pengguna, berhati-hatilah dalam menggunakan teknologi. Pahami segala risikonya. Termasuk, risiko tidak langsung dari orang yang menggunakannya.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Perasaan Hati dan Ukuran Cinta

Rasa cinta yang mendalam itu sering kali tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata, kecuali hanya sebagian kecil saja, namun jika cinta sudah melekat di dalam...

Jaringan Irigasi Kota Magelang, Karya Teknologi Peninggalan Belanda

Magelang , Sebentar lagi berulang tahun .11 April  907 ditetapkan sebagai  Hari Jadi Kota Magelang  dan sekarang menginjak tahun ke 1.111.Sungguh usia yang sudah...

Mengenal Pendidikan Vokasi ; Trend Pendidikan Masa Depan

Pendidikan adalah bekal masa depan yang paling utama. Tanpa pendidikan,  orang sulit meraih masa depan yang baik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh dengan pendidikannya,...

Mengapa Allah Bertanya Kepada Isa?

Isa dianggap oleh sebagian umat Nashrani sebagai anak Allah, juga disandingkan dalam sesembahan disisi Allah bersama ibunda Maryam. Mengapa Allah bertanya kepada Isa tentang apa yang dilakukan sebagian umat Nashrani itu?
close