Waspadai Lima Kesalahan Saat Berbicara di Depan Forum

Waspadai Lima Kesalahan Saat Berbicara di Depan Forum

WARGASERUJI – Kemampuan berbicara di depan forum adalah salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan produktifitas karya. Mungkin kita berfikir bahwa berbicara di depan forum itu hanyalah berbicara dengan bantuan media untuk menyampaikan sebuah pesan.

Pikiran sederhana seperti inilah yang terkadang membuat kita melupakan hal – hal kecil yang justru akan mengacaukan performance kita.

Inilah 5 (lima) kesalahan yang sering dilakukan saat berbicara di depan forum:

  1. Mengulang Perkataan
    Merasa sering mengulang perkataan, cerita ataupun komentar? Ini salah satu ciri-cirinya! Sedapat mungkin hindari mengulang-ulang komentar atau pendapat yang kita sampaikan.
  2. Mengulang Pendapat Orang
    Hindari mengulang pendapat yang telah diutarakan sebelumnya oleh rekan kita. Sebisa mungkin carilah ide baru yang fresh.
  3. Terbiasa Membumbui / Menambahkan Kata-Kata
    Terapkan kata-kata yang mudah dicerna, lebih singkat, dan mudah dimengerti. Keluarkan dengan kalimat yang tepat dalam mengekspresikan maksud.
  4. Ritme Bicara yang “Terlalu”
    Cepat-lambatnya seseorang berbicara mempengaruhi apakah orang lain dapat mengerti atau tidak apa yang hendak disampaikan. Hati-hati! Jangan terlalu cepat, juga jangan terlalu lambat. Gunakan dengan tempo yang tepat.
  5. Hati-Hati dengan Lelucon
    Sering melontarkan lelucon saat presentasi, namun jika tidak lucu akan membuat audiens jengah atau tidak nyaman. Untuk satu hal ini kita butuh latihan.

Ada baiknya kita menghindari lima kesalahan yang sering dilakukan saat berbicara di depan umum, agar performance kita membuat audiens atau karyawan makin yakin dan antusias menjalankan ide-ide yang kita sampaikan untuk meningkatkan produktifitas tim kita.

Kesalahan-kesalahan di atas tentunya bisa dieliminasi dengan berlatih skill bicara kita yang berpengaruh. Skill bicarapun tak sekedar bicara. Bicara itu ada ilmunya.

(Sumber: Akademi Trainer, Jl. H. Djayadi No.46 Jagakarsa, 12530, Jakarta Selatan, Indonesia)

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Menonton Film Wide Awake, Kim Myung Min

Film Wide Awake adalah film asal Korea yang rilis pada tahun 2007 dan dibintangi oleh Kim Myung Min. Film ini bercerita tentang seorang bocah...

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Kudis, Penyakit Kulit Klasik yang Masih Mengusik

Kudis yang dalam bahasa medis disebut scabies merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit yang bernama  Sarcoptes Scabeiei varian Hominis. Kudis bisa...

Whatsapp Seminar Memanfaatkan Setting Akses Grup

Tidak banyak yang tahu, kalau grup Whatsapp sekarang bisa diseting agar hanya admin yang boleh kirim pesan di grup. Caranya pun mudah. Sebagai admin,...

Tumpangsari Melon dan Semangka Sangat Menguntungkan

Pangkalan Bun - Petani melon dan semangka Desa Pasir Panjang RT 04 Arut Selatan Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, merasa diuntungkan dengan teori barunya....
close