Takut Dosa Itu Sebagian dari Takwa

Takut Dosa Itu Sebagian dari Takwa

WARGASERUJI – Takwa bisa dimaknai perbuatan seseorang yang menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Melakukan hal yang dilarang termasuk dosa, sehingga takut dosa itu sebagian dari takwa.

Banyak ayat-ayat Al Quran yang memerintahkan manusia untuk takut kepada Allah. Seperti dalam ayat berikut:

فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا

Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. (QS. Al-Maidah:44)

Makna takut kepada Allah adalah takut melakukan dosa: melanggar larangan atau meninggalkan apa yang diperintahkan. Setiap dosa akan merugikan dirinya karena menjauhi Allah yang Maha Pemberi Karunia. Karena itu juga memberi tanda, segala sesuatu yang menjauhi Tuhan pastilah dosa.

Dosa Zina dan Halalnya Nikah

Zina dilarang, bahkan termasuk dosa besar. Sedangkan berkawin dengan jalan nikah itu halal, bahkan berpahala. Padahal, keduanya sama-sama melakukan persetubuhan dengan suka sama suka.

Mengapa berdosa? Karena zina adalah perbuatan keji dan jalan yang buruk.

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al-Israa:32)

Mengapa menikah itu halal? Karena mendatangkan ketenteraman dan kasih sayang.

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum:21)

Zina adalah perbuatan keji, karena menikmati persetubuhan tanpa pertanggungjawaban. Bukankah semua nikmat datangnya dari Allah sehingga wajib disyukuri?

Wujud syukur adalah menjalankan perintah-perintah-Nya, termasuk membina rumah tangga, merawat keluarga dan anak-anak, serta mengajari mereka untuk menjalankan ibadah kepada-Nya.

Seseorang yang takut berzina karena takut berdosa kepada Allah, takut dimasukkan dalam golongan orang yang tak bersyukur. Itu tanda bahwa takut dosa itu sebagian dari takwa.

 

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Kelebihan Sambung Pucuk

Sambung pucuk memiliki beberapa kelebihan, penggabungan antara kelebihan dengan pembiakan secara generatif dan vegetatif.

Orang Bohong Yang Bertobat vs Orang Bohong Yang Keterusan

Menjaga kejujuran sangatlan penting, sedangkan memelihara kebohongan adalah perbuatan jahat yang akan menghancurkan diri sendiri. Orang yang berbohong lantas bertobat dengan cara mengakui kebohongannya dan...

Pembubaran PT: Prosedur dan Akibat Hukum Pembubaran Berdasar RUPS

Pada tahun 2007 Audi, Aryanda dan Chico mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT AAC, yang bergerak di bidang perdagangan. Namun karena kesibukan...
close