Rahasia Terapi Sujok Sehingga Mudah Dipelajari

Rahasia Terapi Sujok Sehingga Mudah Dipelajari

WARGASERUJI – Terapi Sujok diperkenalkan oleh Prof. Park Jae-Woo, seorang ilmuwan kelahiran Korea Selatan yang semasa hidupnya aktif di berbagai universitas di India, Rusia, Kazakhtan, Jerman, dan Belarusia. Sang profesor membuat cara agar orang-orang lebih mudah melakukan terapi sendiri, sehingga menciptakan sistem baru yang menjadi rahasia terapi SuJok.

Sebelum SuJok, sudah ada terapi akupuntur dan refleksi. Namun, kedua terapi ini sangat rumit sehingga memerlukan waktu lama untuk mempelajari. Karena itu, tidak setiap orang bisa melakukannya.

Terapi SuJok sangat mudah dipelajari, bahkan di Rusia dikabarkan dipelajari oleh anak-anak sekolah dasar dengan cepat. Khususnya, untuk menangani penyakit-penyakit ringan.

Selain mudah, terapi SuJok juga lebih aman untuk terapi penyakit ringan, karena hanya menggunakan pemijatan, pewarnaan dan dengan biji-bijian. Untuk penyakit yang berat, perlu naik ke tingkat yang lebih mendalam sehingga bisa menggunakan jarum akupuntur, dengan titik-titik terapi yang lebih kompleks.

Sistem Korespondensi Tubuh

Rahasia terapi SuJok mengapa mudah dipelajari adalah karena menggunakan sistem korespondensi organ tubuh. Setiap bagian tubuh terhubung (terkorespondensi) dengan bagian tubuh yang lain. Jika salah satu organ tubuh sakit, maka bagian tubuh yang lain akan mendapat informasi tentang keadaan organ tersebut. Berdasar penelitian Prof. Park Jae Woo, letak titik-titik korespondensi tersebut “tergambar” sebagai proyeksi letak-letak organ.

Contohnya, tubuh bisa “tergambar” di telapak tangan secara simetri. Jempol adalah gambaran kepala. Jari telunjuk adalah tangan kiri, jari tengah adalah kaki kiri, jari manis adalah kaki kanan, dan kelingking adalah tangan kanan. Leher tergambar di pangkal ibu jari, sedangkan organ dalam tubuh tergambar di telapak tangan mulai dari setelah pangkal ibu jari sampai sebelum pangkal jari-jari.

Rahasia Terapi SuJok
Zona Terapi SuJok. Sumber: SuJok And Moxa, A Self Treatment Manual, Plamen Ivanov, Mediks LTd. Bulgaria

Karena “tergambar”, maka letak titik mudah dihafal sesuai simetri organ tubuh manusia. Untuk tingkat dasar, sistem penggambaran hanya dua, yakni sistem utama dan sistem “insect“. Pada gambar di atas adalah sistem utama. Sedangkan sistem yang lebih kecil, organ tubuh digambarkan di ujung-ujung jari, seperti gambar di bawah ini.

Rahasia Terapi SuJok
Zona Sistem “Insect”. Sumber: SuJok And Moxa, A Self Treatment Manual, Plamen Ivanov, Mediks LTd. Bulgaria

Itulah rahasia terapi SuJok mengapa mudah dipelajari. Tentu, manfaatnya besar karena setiap orang mampu melakukan terapi pada dirinya sendiri sehingga kualitas hidupnya lebih terjamin. Tidak perlu sedikit-sedikit datang ke dokter atau terapis untuk penyakit yang ringan-ringan. Bahkan, bisa digunakan untuk tindakan pencegahan penyakit berat agar tidak menimpa di masa depan.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Hal ini Wajib Dilakukan Pengendara Bila Mendengar Sirine Ambulance

Share menarik dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri berupa fliyer himbauan pada pengendara di jalan raya ketika mendengar sirine ambulance di belakang kendaraan kita....

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Whatsapp Seminar Memanfaatkan Setting Akses Grup

Tidak banyak yang tahu, kalau grup Whatsapp sekarang bisa diseting agar hanya admin yang boleh kirim pesan di grup. Caranya pun mudah. Sebagai admin,...

Kiat – Kiat Dalam Membaca Al Qur’an Agar Lebih Khusyu’

Berikut beberapa kiat saat membaca Al-Qur'an agar lebih khusyu': Jangan pernah Anda berikan Al-Qur'an waktu senggang (untuk membacanya), akan tetapi khususkan waktu baginya, dimana...

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...
close