Penguasa Itu Ujian Bagi Umat Manusia

Penguasa Itu Ujian Bagi Umat Manusia

WARGASERUJI – Orang yang berkecimpung di dunia politik selalu melihat penguasa sebagai sebuah posisi yang diperebutkan. Sebaiknya, melihat penguasa itu sebagai ujian bagi umat manusia.

Di mana letak ujiannya?

Seringkali, manusia merasa di bawah kekuasaan. Padahal, Allah menjadikan setiap manusia berkuasa di muka bumi. Bedanya, ada yang lebih tinggi kekuasaannya dibandingkan lainnya.

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan Dialah yang menjadikan kalian penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kalian atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk menguji kalian tentang apa yang diberikan­Nya kepada kalian. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al An’am: 165)

Ketika merasakan di bawah kekuasaan orang lain, maka seharusnya sadar bahwa dirinya juga punya kekuasaan atas yang lainnya. Kekuasaan itulah yang nanti dipertanggungjawabkan kepada Allah.

Belum tentu orang yang dizalimi pada suatu waktu nantinya bisa berlaku adil ketika sudah punya kekuasaan. Akan sama artinya kalau nanti hanya balas dendam.

Di bawah kekuasaan yang lain juga tidak menghalangi nikmat Allah tetap tercurah bagi hamba-hamba-Nya. Bahkan, kekuasaan yang diberikan-Nya bisa jadi adalah jalan rezeki bagi sebagian lainnya, seperti munculnya kelas pengusaha dan kelas pekerja.

Oleh karena itu, terhadap penguasa siapapun adanya, jangan sampai melupakan syukur kepada Allah terhadap semua kenikmatan hidup. Barangkali, adanya penguasa yang zalim itu adalah alat untuk pengingat bagi manusia agar jangan lengah terhadap apa yang telah diberikan Allah padanya. Penguasa itu ujian bagi manusia.

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Teknik Tanpa Efek Samping Terapi Warna Ala Sujok

rinsip kerja Sujok adalah melakukan penanganan titik-titik di tangan dan kaki dengan pewarnaan tertentu. Untuk hasil yang lebih maksimal namun masih taraf aman atau tidak beresiko tinggi, bisa ditambah ditempelkan biji-bijian ke titik-titik yang dimaksud.

Penyakit Masyarakat Butuh Obat Ampuh

Penyakit Masyarakat Butuh Obat Ampuh Penyakit masyarakat khususnya di daerah Medan, kian hari semakin menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Senin (23/9/2019), Muspika Medan Selayang yang...

Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas

Dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 26 September, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan RRI PRO 1 FM 99,2 menggelar talkshow dengan tema “Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas”

Membuat Gula Merah dari Nira Batang Sawit

Ternyata batang kelapa sawit yang telah tumbang dapat diambil niranya untuk dijadikan gula merah, demikian menurut seorang anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Gerindra,...