Mengapa Doa Kita Tidak Mudah Dikabulkan ?

Mengapa Doa Kita Tidak Mudah Dikabulkan ?

Sering kita memohon dan berdoa kepada Allah, dengan harapan hajat kita terpenuhi. Misalnya mengharapkan mempunyai pekerjaan dengan penghasilan tinggi, atau ingin mendapat jodoh yang ideal, semisal seorang lelaki berharap mendapat istri yang memiliki paras nan cantik, atau seorang wanita yang berharap mendapat lelaki berwajah tampan, dengan usia yang ideal, dari keturunan yang terbaik, dan kehidupan yang mapan, serta pekerjaan yang hasilnya lebih dari cukup, dan lain sebagainya.

Tetapi doa yang setiap hari kita lantunkan, ternyata belum juga dikabulkan. Coba tengok nasehat Syeikh Ibrahim bin Adham, seorang yang `alim, waliyullah, dan ahli hikmah yang handal tatkala beliau ditanya:Penanya : Mengapa doa kita kok tidak mudah untuk dikabulkan, padahal Allah berfirman yang artinya : Mohonlah kepada-Ku pasti Aku kabulkan !

Syeikh : Karena hati kalian sudah mati.

Penanya : Apa yang menyebabkan matinya hati kita ?

Syeikh : Ada delapan macam :
1. Kalian tahu hak Allah, tetapi tidak mau memenuhinya.2. Kalian membaca Alquran, tetapi tidak mau mengamalkan hukum-hukumnya.
3. Kalian mengaku cinta Rasul SAW, tetapi tidak mau menghidupkan sunnah-sunnahnya.4. Kalian merasa takut mati, tetapi tidak mau mempersiapkan bekal yang akan dibawa mati.
5. Allah memperingatkan kalian bahwa setan itu adalah musuh yang nyata, tetapi malah bersekongkol dengan setan dalam kemaksiatan.
6. Kalian mengaku akut neraka, tetapi justru mempersiapkan dirinya untuk masuk neraka.
7.Kalian mengatakan ingin masuk sorga, tetapi tidak menyiapkan diri untuk dapat masuk ke dalamnya.

8. Di saat bangun pagi, kalian berusaha menutupi kesalahan diri sendiri, dengan menyibukkan diri membicarakan kesalahan privasi orang lain (yang bukan urusan agama).

Nah, kalian telah menimbulkan kemurkaan Allah, lantas bagaimana doa kalian minta cepat-cepat dikabulkan?

Tulisan ini tanggung jawab penulisnya. Isi di luar tanggung jawab Redaksi. Pengaduan: redaksi@seruji.co.id

Artikel Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Hikmah Dibalik Fitnah

WARGASERUJI - Menulis adalah menyimpan, menyimpan kenangan. Karena menulis adalah mewariskan, mewariskan sejarah. Maka jangan ada dusta di setiap huruf yang ditinggalkan. (eaaa) Apalagi...

Orang Bohong Yang Bertobat vs Orang Bohong Yang Keterusan

Menjaga kejujuran sangatlan penting, sedangkan memelihara kebohongan adalah perbuatan jahat yang akan menghancurkan diri sendiri. Orang yang berbohong lantas bertobat dengan cara mengakui kebohongannya dan...

Whatsapp Seminar Memanfaatkan Setting Akses Grup

Tidak banyak yang tahu, kalau grup Whatsapp sekarang bisa diseting agar hanya admin yang boleh kirim pesan di grup. Caranya pun mudah. Sebagai admin,...

Program Surga Desa untuk warga Bojonegoro

Bojonegoro termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mengalami kekeringan parah. Dari data yang dihimpun NH Bojonegoro dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, terdapat sekitar 19 Kecamatan, 72 Desa dan 120 Dusun yang terdampak kekeringan.
close