Follow SERUJI

96,291FansSuka
396PengikutMengikuti
6,765PengikutMengikuti
668PelangganBerlangganan

Presiden Efisien

Rakyat ingin punya presiden yang bisa membawa rakyat makmur. Presiden macam apa? “Presiden efisien” barangkali yang bisa. Efisien dalam kerja. Tahun 2019, itukah yang diharapkan?

Kala zaman orla, presiden Indonesia hanya semacam, Presiden Soekarno. Sekarang, banyak pembanding. Dari Soeharto hingga Joko Widodo. Mantan militer, sipil intelektual, kyai, hingga sipil pengusaha. Lengkap.

Harapan rakyat, ganti-ganti presiden semoga cocok. Ganti presiden agar segar dan bugar dalam bekerja, tak menua dalam jabatan. Agar efisien dalam bekerja.

Efisien berarti hemat sumber daya, atau devisa. Kabinet mini kerja maksi. Menteri sedikit, namun kerja penuh dan hampir semua hal bisa teratasi. Tidak sempat nyanyi-nyanyi buat grup band aka kabinet.

Efisien berarti sesuai dengan posisi. Memberi instruksi bukan ambil kerjaan para lurah bagi-bagi. Sesekali bolehlah, untuk menarik simpati, bukan untuk cari suara pilpres nanti.

Sudah tidak pada tempatnya presiden sering turun unjuk diri. Ada banyak bawahan yang menunggu instruksi, bukan ditinggal kerja semaunya sendiri. Presiden dekat dengan rakyat itu baik, tapi lebih baik sibuk memberi komando para bawahannya, sesama pelayan rakyat.

Kunjungan-kunjungan bisa dilimpahkan, biar irit tak bawa-bawa pengawal sebegitu banyaknya. Ada menteri, ada dirjen, ada kepala dinas, ada camat. Cukup efisienkan instruksi dan pelaporan. Anak buah tak akan pernah bekerja tanpa dipercaya sepenuhnya.

Sudah banyak pemimpin di beberapa negara, dicintai rakyatnya, tapi membuat sengsara karena kebijakannya. Cinta buta. Pintar mencari simpati, nol kompetensi.

Adakah orang-orang yang bisa jadi “presiden efisien”? Kalangan militer terlatih bekerja dan bertindak efisien, banyak. Kalangan pengusaha, terutama sukses karena kerja keras, banyak. Kalangan akademisi yang berprestasi, banyak.

Namun, orang-orang yang terkenal saat ini, lebih banyak yang tidak efisien, apalagi kelola negara. Tipe selebriti, banyak gaya kurang “kerja” (kerjanya memang dengan bergaya). Sehari-hari cari simpati demi rezeki. Parahnya, hanya dengan terkenal bisa menjadi pemimpin negeri.

Kisah sebuah negeri impian, tanpa raja, rakyat bagai raja. Jalan rusak segera diperbaiki, bencana segera tertanggulangi. Siapa yang kerja-kerja-kerja, bahkan tak terdengar siapa dia, seperti automatic teller machine.

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Muhammad Hanif Priatama
Penulis bebas yang bebas menulis untuk belajar menjadi manusia sesungguh-sungguhnya. https://t.me/sobatbersih

YANG LAGI PRO-KONTRA

Konsep Kampanye Konser Lebih Mencerminkan Keindonesiaan dibanding Konsep Kampanye Subuh Berjamamaah?

Saya bertanya lagi dalam hati, apakah konsep kampanye konser lebih mencerminkan keindonesiaan daripada konsep kampanye subuh berjamaah? Bukankah nyanyian juga merupakan ciri khas ibadah agama tertentu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TULISAN TERBARU

Generasi Sehat Dambaan Umat

WARGASERUJI - Generasi muda adalah aset yang tiada tara nilainya. Generasi menjadi tonggak awal dalam penentu kebangkitan suatu bangsa. Jika kondisi generasi sakit maka...

Dukungan Sekaligus Nasehat Ust. Salim A Fillah Untuk Prabowo

WARGASERUJI - Ust. Salim A Fillah, ustadz penggiat masjid Jogokariyan yogyakarta melalui akun twitternya @salimafillah menyatakan dukungan kepada capres Prabowo Sandi, tapi bukan dukungan...

Derita Muslim Harus Diakhiri

Sementara di bumi Palestina tepatnya wilayah Gaza, kembali memanas. Serang militer Israel kembali dilakukan untuk mengepung Gaza. Sampai kapan derita umat Islam atas kekejian musuh-musuh Islam akan berakhir?

Mengapa Anakku Nakal?

WARGASERUJI - Secara sadar maupun tidak, sering kita menemui sebuah keluhan dari orang tua mengenai anak-anak mereka. Pertanyaan ‘Mengapa anakku nakal?’, ‘Mengapa anakku bermasalah?’...

Hipokrit HAM, Langgengkan Penjajahan

Di Tepi Barat hidup sekitar 400 ribu warga Yahudi, dan 200 ribu lainnya di Yerussalem Timur. Disisi lain, Israel juga berniat mendirikan negara di Tepi Barat yang memang ditinggali sekitar 2,5 juta warga Palestina.

Kebijakan Suatu Negeri Dalam Lingkaran PBB

WARGASERUJI - Tidak sah rasanya jika esensi suatu negeri tidak bergabung pada PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Keberadaan PBB diharapkan dapat menjadi pemersatu negeri-negari di...

Ekonomi Lesu dan Daya Beli Anjlok Itu Realitas, Saatnya Tawarkan Gagasan Solusi

Ekonomi lesu dan daya belu turun, itu adalah realitas, tak perlu diperdebatkan.

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi? Keduanya Saja!

Jika dihadapkan pada pilihan “NKRI Bersyariah atau Ruang Publik yang Manusiawi?”, seakan-akan kedua hal tersebut adalah hal yang bertentangan. Padahal jawaban yang paling membahagiakan adalah memilih kedua-duanya sekaligus

Dukungan Masyarakat ke Sekolah Bukan Hanya Dana dan Fisik

alah satu faktor penting dalam pengembangan pendidikan adalah dukungan masyarakat. Sejak diberlakukannya undang-undang nomor 20 tahun 2003 semua sekolah telah memiliki komite sekolah yang merupakan wakil masyarakat dalam membantu sekolah.

Penahanan Ahmad Dhani, Ferry Koto: Saya ingin Komisi Yudisial Periksa Kasus ini

WARGASERUJI - Ferry Koto, pengamat pendidikan dan kebijakan publik di Surabaya, menginginkan agar komisi yudisial memeriksa hakim yang menangani kasus Ahmad Dhani. Pasalnya, menurutnya,...

TERPOPULER

Pengobatan Alternatif Totok Punggung, Dilihat dari Sisi Medis

Pada umumnya, dokter segan membicarakan pengobatan alternatif. Hal ini disebabkan ilmu kedokteran merupakan disiplin ilmu yang dibangun berdasarkan logika-logika kedokteran yang berlaku di dunia...

Inilah Orasi Terbaik Prabowo versi Anis Matta

Dia mencatat ada ungkapan terbaik yang dilontarkan Prabowo pada orasinya pagi tadi di acara tersebut, yaitu saat Prabowo mengatakan, “Saya ingin mewakafkan sisa hidup saya untuk rakyat.”

Kebijakan Suatu Negeri Dalam Lingkaran PBB

WARGASERUJI - Tidak sah rasanya jika esensi suatu negeri tidak bergabung pada PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Keberadaan PBB diharapkan dapat menjadi pemersatu negeri-negari di...

Generasi Sehat Dambaan Umat

WARGASERUJI - Generasi muda adalah aset yang tiada tara nilainya. Generasi menjadi tonggak awal dalam penentu kebangkitan suatu bangsa. Jika kondisi generasi sakit maka...