Kendaraan bermotor beroda empat sekarang sudah tidak menjadi barang mewah. Kemudahan cara pembeliannya dengan sistem kredit dan rendahnya uang muka membuat segenap lapisan masyarakat dapat memilikinya dengan kemudahan.

Kondisi ini tidak diikuti dengan kemampuan pemilik kendaraan tersebut untuk melakukan perawatan.

Ada beberapa tip untuk melakukan perawatan kendaraan bermotor yang akan membuat kendaraan terasa nyaman saat dipakai untuk harian maupun perjalanan jauh.

  1. Kondisi Tekanan Ban.

Hal paling mudah dalam perawatan ban. Tekanan ban yang tidak sesuai antara beban dan tekanan ban akan berakibat pada kerusakan ban tersebut, bahkan bisa merembet pada velg dan peredaman gucangan (Shock Absorber). Lakukan pengecekan tekanan ban secara rutin selama seminggu sekali untuk meyakinkan tekanan ban maupun kondisi ban aman. Akan jauh lebih baik menggunakan angin nitrogen yang akan menjaga kestabilan tekanan ban dalam perubahan cuaca.

2. Sistem Pendinginan Mesin.

Pengecekan air pendingin pada radiator harus dilakukan secara rutin. Hal ini dapat dilakukan saat pagi hari sambil melakukan pemanasan mesin. Jenis air pendingin juga harus disesuaikan dengan jenis kendaraan, hal ini dapat dikonsultasikan dengan mekanik terpercaya. Kelalaian dalam pengecekan kondisi pendinginan kendaraan, akan berakibat fatal dengan kondisi “over heat”, bahkan bisa berakibat macetnya piston dalam mesin yang akhirnya harus mengeluarkan biaya yang besar untuk turun mesin/over houl. Sediakan selalu air pendingin di kendaraan anda, air pendingin dengan memakai air mentah sembarang, akan menimbulkan kerak pada radiator kendaraan yang berakibat kinerja mesin menjadi terhambat dan mesin cepat panas.

3. Pengecekan Sistem Kelistrikan.

Ceklah selalu setiap minggu sekali kondisi air aki kendaraan anda. Dan isilah di saat kendaraan sebelum digunakan dengan air aki khusus untuk penambahan. Pembersihan kerak juga dapat dilakukan sendiri pada kedua kutub positif dan negatif aki. Dalam melakukan penambahan beban kelistrikan juga harus memperhatikan spesifikasi aki. Penambahan variasi audio dan lampu terkadang tidak memperhatikan spesifikasi aki, sehingga beban berlebih memperpendek usia aki kendaraan.

4. Wiper Kaca

Hal yang sangat sederhana tetapi terkadang membuat kecelakaan fatal buat pengendaranya. Biasakan menggunakan air bersih untuk air pembersih kaca, jangan menambahkan detergen yang akan menambah kotor setelah proses pembersihan kaca. Angkatlah wiper dari kaca, jika kendaraan anda akan diparkir di area terbuka dan terkena panas matahari. Karena kondisi panas tersebut akan merusak elastisitas karet wiper yang berakibat baret pada kaca depan mobil anda. Biasakan cek kondisi wiper sebelum melakukan perjalanan, bersihkan kotoran yang ada diwiper sebelum menggunakannya.

Adakalanya wiper tersebut rusak tidak berfungsi. Jika tidak berfungsi keduanya, maka menepilah jika kondisi cuaca hujan. Jika yang tidak berfungsi wiper kanan (dari arah pengemudi), maka tukarlah wiper kiri menggunakan karet wiper kanan yang lebih panjang. Dan rubahlah posisi netral/diam wiper kiri tersebut sehingga mampu menjangkau kaca bagian kanan pengemudi.

4. Kaca Film kendaraan

Pilihlah jenis kaca film yang sesuai untuk kendaraan. Pemakaian kaca film yang terlalu terang akan memberikan beban berlebih pada kerja AC pada kabin kendaraan anda. Sedangkan pemilihan kaca film terlalu gelap juga akan mengganggu pandangan pengemudi untuk melihat ke depan maupun ke belakang.

5. Oli Mesin Kendaraan

Inilah paling sering dilupakan oleh pemilik kendaraan. Bahkan terkadang beberapa pemilik kendaraan seringkali hanya menambahkan oli mesin dikarenakan “masih bagus”. Penggantian oli mesin secara rutin, akan meningkatkan performa dan ketahanan mesin kendaraan anda. Konsultasikanlah dengan mekanik untuk pemilihan jenis olinya. Apakah digunakan sebagai kendaraan dengan jarak tempu pendek tetapi sering mengalami kemacetan ataukah digunakan untuk perjalanan jauh keluar kota.

Kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam perjalanan tentunya akan meningkatkan semangat hidup pemiliknya. Bayangkanlah jika kendaraan yang kita gunakan tiap minggu mogok, tentunya kita akan susah tersenyum.

Kendaraan yang kita gunakan akan menjadi gambaran jati diri kita sebagai pemilik/pemakainya.

    Berprofesi sebagai marketing produk kayu baik lokal/proyek dan export ke Asia, Amerika dan Afrika. Membina Ponpes Darrul Arash - Lebak - Banten Gusdurian dan tidak berafiliasi ke parpol manapun Belajar untuk lebih bermanfaat untuk agama dan bangsa ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan isi komentar anda
    Masukan Nama Anda