Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) merupakan pembaharuan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang selama ini dikenal sebagai partai oposisi dalam pemerintah. Sifat kritis dan kesan sebagai partai “wong cilik” sangat melekat dengan partai yang memiliki warna dominan merah sehingga begitu kuat di daerah Jawa Tengah yang terkadang disebut sebagai kandang banteng.

PDI-P sudah terbiasa sebagai partai oposisi yang banyak mengkritisi partai-partai pendukung pemerintah termasuk pemerintahannya. Kebijakan pemerintah sering kali mendapat kritikan dari PDI-P sehingga fungsi “check and balance” begitu terasa dalam keseimbangan pemerintahan saat itu.

PDI-P sekarang menjadi partai bagian utama dari pemerintah yang mendapat kritikan-kritikan dari partai oposan. Mereka begitu keteteran menghadapi kritikan dari para oposisi sehingga seringkali melupakan pengawasan terhadap proses pembangunan. Malah yang terkadang menjadi hal yang aneh ketika pemerintah berseberangan dengan PDI-P dalam sebuah kebijakan hukum atau undang-undang.

Posisi pemerintah yang saat ini dipegang oleh Presiden Jokowi yang merupakan calon yang diajukan oleh PDI-P menjadi semakin jauh antara presiden dengan partainya. Tidak mengherankan ketika ada istilah dimasa pasca Pilkada, PDI-P kalah banyak dan Jokowi menang banyak.

Pemerintah yang diprakarsai oleh PDI-P menjadi seakan milik Presiden Jokowi bukan partai pemenang Pilpres 2014. PDI-P sibuk menjadi tameng akan kritikan oposisi dengan jawaban dan perdebatan, sementara Presiden Jokowi sudah kreatif dalam bekerja dan membangun infrastruktur.

PDI-P sangatlah identik dengan oposisi, kedewasaan untuk menjadi bagian pemerintah belum memadai. Penerimaan akan kritik janganlah dilawan dengan undang-undang, akan tetapi buktikanlah dengan kerja nyata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

loading...
BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Tidak Lama Lagi, Pangkut Bakal Jadi Kota

Kotawaringin Barat - Jalan sepanjang 8 kilo meter dengan lebar 20 meter pembangunannya digeber guna mempersiapkan pemekaran desa. Pelebaran dan pembuatan jalan poros baru...

Terkait Demo Astra, Darsani Angkat Bicara

Kotawaringin Barat - Darsani Bin Alfius Mahi, tokoh masyarakat Dayak Pangkut Arut Utara Kotawaringin Barat (Kobar) akhirnya angkat bicara menanggapi aksi demo yang dilakukan...
Irwan Prayitno

Irwan Prayitno : Kita Harus Ukur Bayang Bayang

Irwan Prayitno tidak berharap dirinya untuk jadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden manapun meskipun partainya PKS mengunggulkan dia bersama 8 kader lain. . "Kita...