Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Gerakan Mahasiswa 98, Murni Milik Mahasiswa Bukan Kalian?

Gerakan Mahasiswa yang terjadi 20 tahun yang lalu tentunya merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap kondisi bangsa. Bukanlah sebagai hal yang mudah saat itu untuk menyatukan pemikiran juga gerakan para mahasiswa tersebut. Alat komunikasi yang tidak secanggih sekarang yang dengan mudah ada WAG (WA Group) atau aplikasi lainnya untuk memudahkan koordinasi.

Bagi pembaca yang memiliki usia 39 – 42 tahun dan menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentunya mengalami kejadian tersebut, bahkan dapat dikatakan menjadi bagian dari gerakan reformasi tersebut. Bahkan pada saat itu beberapa perguruan tinggi di Tangerang yang tidak ambil bagian dalam gerakan tersebut mendapat paket kiriman berupa pakaian dalam wanita.

Para tokoh masyarakat banyak yang melakukan klaim sepihak sebagai motor penggerak  terhadap gerakan reformasi tersebut. Tentunya hal ini sangatlah menggelikan bagi para mahasiswa yang mengalami masa-masa gerakan reformasi tersebut. Kenapa mereka begitu ingin menjadi tokoh sentral gerakan tersebut?

Para tokoh tersebut sekarang saling menyerang dengan membuat berbagai pernyataan di media massa. Tentunya hal ini menimbulkan rasa prihatin yang mendalam di kalangan masyarakat. Mereka yang begitu kompak dan saling membahu ketika menjatuhkan orde baru, sekarang saling berhadapan seperti sebuah permusuhan.

Tapi itulah politik yang secara jelas dikatakan bahwa dalam politik tidak ada kawan abadi, akan tetapi adanya kepentingan yang abadi. Perbedaan kepentingan politik membuat teman seperjuangan menjadi lawan perjuangan.

Bagaimanapun juga gerakan reformasi merupakan gerakan murni mahasiswa yang memutuskan untuk turun ke jalan menyampaikan aspirasi dan rasa ketidakpercayaan terhadap pemerintahan orde baru. Dan pejabat publik saat itu merupakan penerima dan penyampai aspirasi mahasiswa terhadap pemerintahan saat itu.

Hargailah para mahasiswa yang telah gugur dalam gerakan tersebut dengan selalu meneruskan cita-cita reformasi sehingga pengorbanan mereka tidak sia-sia.

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Misbah Hadi Wiyonohttp://www.kcu-wooddoor.com
Berprofesi sebagai marketing produk kayu baik lokal/proyek dan export ke Asia, Amerika dan Afrika. Membina Ponpes Darrul Arash - Lebak - Banten Gusdurian dan tidak berafiliasi ke parpol manapun Belajar untuk lebih bermanfaat untuk agama dan bangsa ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER