close
Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Burungpun Memberikan Salam Dalam Kesejukan

Udara segar merupakan anugrah indah dari Allah yang diberikan gratis kepada semua makhluk dimuka bumi tanpa terkecuali. Hanya saja udara segara tersebut kadang tercemar oleh limbah yang dihasilkan pabrik maupun polusi dari sumber lainnya.

Seperti yang terjadi dilingkungan tempat tinggalku beberapa bulan yang lalu yang pernah saya tuliskan juga dikanal warga SERUJI ini. bahwa udara kami dicemari oleh limbah pabrik PT RUM yang mengakibatkan bukan sekedar ketidaknyamanan, tetapi juga menimbulkan banyak gangguan kesehatan pada masyarakat dari bayi sampai lansia.

Yang menarik dari kasus ini adalah masyarakat tidak tinggal diam, ada LSM yang memberikan edukasi ke masyarakat akan resiko dari zat cemar tersebut, sehingga masyarakat sadar bahwa kesehatan mereka terancam.

Loading...

Mahasiswa bersatu dengan tokoh-tokoh masyarakat memobilisasi penduduk yang wilayahnya terdampak untuk melakukan protes atas pencemaran tersebut. dua kali mereka melakukan demo besar-besaran di depan komplek perkatoran Pemda .

Pada aksi demo yang pertama (19/1) diliput oleh jurnalis SERUJI dengan judul liputan ”Terdampak Polusi Pabrik Rayon, Ribuan Warga Demo di DPRD Sukoharjo”. Hasil dari demo tersebut antara lain PT. RUM bersedia menyepakati menghilangkan bau polusi udara sesuai baku mutu lingkungan. PT RUM juga akan menggandeng tenaga ahli dari beberapa universitas untuk menuntaskan persoalan polusi udara.

Namun pada kenyataaannya pasca demo udara busuk masih saja meyelimuti lingkumgan kami. Sebulan setelah demo yang pertama masyarakat melakukan aksi demo lagi dengan jumlah peserta demo yang jauh lebih besar. Masyarakat menuntut PT RUM tidak boleh beroperasi sebelum polusi udara bisa diatasi.

Alhamdulillah setelah aksi demo yang kedua udara kami sudah segar lagi seperti sediakala. Meskipun masih meninggalkan PR karena PT RUM belum bisa mengoperasikan perusahaannya karena mungkin problem limbahnya belum bisa diatasi. Dan terdengar kabar juga bahwa ada demonstran yang sempat melakukan aksi pembakaran di pos jaga satpam lokasi pabrik PT RUM ditahan aparat (kabar ini hanya saya dapatkan dari teman).

Kasus diatas memberikan pelajaran pada kita bahwa dominasi pemilik modal besar bisa dilawan dengan persatuan masyarakat. Kekompakan masyarakat dan keberanian mereka untuk melakukan perlawanan atas pendholiman yang dialami merupakan senjata ampuh.

Dulu bau menusuk muncul terutama muncul pada sepertiga malam terakhir, padahal waktu tersebut adalah waktu yang sangat berharga bagi muslim untuk menghiba pada Penciptanya. Tapi alhamdulilah itu sudah berlalu. Terima kasih para pejuang lingkungan, semoga Allah memberikan pahala atas perjuangan kalian, amiin.

Pagi hari dari balik jendela dikamarku bisa kupandangi pepohonan dengan burung-burung liar yang terbang bebas berikut udara segarnya sambil berdendang lagu lawasnya Tika Bisono yang sekarang lebih aktif menggeluti profesinya sebagai psikolog.

Burung-burungpun memberikan salam

Dalam kesejukan dan indahnya pagi

Seandainya suasana pagi ini

Kan sepanjang hari, betapa bahagia

Langganan berita lewat Telegram
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Endang S
Ibu rumah tangga yang dokter, bekerja di dalam dan di luar rumah. Sedang caper sama Allah melalui GMKM. Memimpikan kesetaraan pembangunan kesehatan di seluruh wilayah NKRI
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

Loading...

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER