Bogor adalah salah satu lokasi favorit liburan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Selain karena jaraknya yang relatif dekat, Bogor juga mempunyai banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi untuk berkemah. Kemcer atau kemping ceria sangat mungkin dilakukan bersama keluarga.

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk kemcer adalah Curug Cipeteuy. Meskipun dekat dengan curug atau air terjun, tapi di tempat ini ada hutan pinus yang cukup luas untuk berkemah/kemping.

Curug Cipeteuy terletak di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi lumayan dingin suhunya dan tentunya air terjunnya. Selain itu, bersebelahan dengan lokasi Curug Cipeteuy, terdapat Situs Sejarah, yaitu Situs Cibalay.

Untuk bisa sampai ke tempat ini dari stasiun Bogor, ada 3 rute yang dapat dipilih, yaitu melalui jalan Raya Ciapus, jalan Curug Luhur Indah atau jalan Raya Sukaresmi. Lebih jelas bisa di lihat di peta.

Jarak lokasi parkir kendaraan roda 4 dengan lokasi kemcer adalah sekitar 2,5 km, sedangkan untuk kendaraan roda 2 bisa parkir lebih dekat sekitar 1 km ke lokasi kemcer, yaitu gerbang masuk kawasan Curug Cipeteuy yang biaya masuk perorangnya adalah 15 ribu atau 25 ribu untuk yang bermalam.

Untuk dapat ke hutan pinus, harus dilalui dengan berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit dengan jalan berupa tanjakan dan turunan.

Setelah cukup lelah treking, kita dapat menikmati udara segar dan pemandangan memanjakan mata.

Menurut info, di Curug Cipeteuy ini ada 8 curug, tetapi hanya 2 yang jalurnya sudah jelas. Jarak dari hutan pinus ke curug pertama dekat sekali, hanya sekitar 100 meter, sedangkan untuk ke curug kedua sekitar 500 meter.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap yaitu toilet, tempat sampah, juga warung yang meski tidak buka 24 jam, bisa melengkapi kebutuhan pangan pengunjung. Selain itu, di warung ini juga menyediakan penyewaan Hammock seharga 10 ribu untuk pengunjung yang pulang pergi, dan 20 ribu untuk yang bermalam.

Dengan modal hammock saja, sebenarnya sudah cukup menyenangkan. Tapi akan lebih menarik lagi apabila kemcer dengan keluarga, memasak makanan sendiri, juga mandi air curug yang dingin di pagi hari. Suatu pengalaman luar biasa yang sulit didapatkan di kota-kota besar.

Jadi untuk yang mau kemcer di tempat ini, persiapkan peralatan dan perlengkapan dengan baik ya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Peresmian Pondok Pesantren dan SMP Alam Bina Insan Pangkalan Bun

Kotawaringin Barat - Fasilitas Pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Barat kini semakin bertambah dengan diresmikannya Pondok Pesantren Plus SMP Alam Bina Insan, Jum'at Sore (26/5/2018). Kompleks...

Politik Santun Ala PH Malaysia

BUKIT MERTAJAM - Pakatan Harapan (PH) Malaysia menggunakan politik santun dalam menjalankan pemerintahan setelah meraih kemenangan mutlak dalam pemilu Malaysia baru-baru ini. PH meminta...

Turki Salurkan Bantuan Ramadhan Untuk Rohingya

ANKARA - Turkiye Diyanet Foundation (TDV), sebuah yayasan keagamaan di Turki menyalurkan bantuan kepada Muslim Rohingya di Myanmar selama bulan Ramadhan. Paket-paket bantuan yang...
loading...