Jagad maya kembali hangat tentang kabar masuknya tenaga kerja asing (TKA) yang dianggap sangat merugikan tenaga kerja Indonesia (TKI). Pasalnya, ribuan TKA asal China berbondong-bondong membanjiri Indonesia, sedangkan jumlah pengangguran di Indonesi masih cukup tinggi. Bukan itu saja, ribuan TKA yang diimpor itu sebagian besar ternyata hanya sebagai buruh kasar belaka.

Eronisnya, meski buruh kasar, mereka yang datang dari China dikabarkan mendapat gaji tiga kali lipat dibanding tenaga kerja asli dari Indonesia. Hal itu cukup mendapatkan perhatian serius dari sejumlah tokoh Indonesia. Salah satunya adalah Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Parta Bulan Bintang (PBB) yang selalu lantang menyuarakan kebenaran itu, akhirnya angkat bicara.

“Pemerintah selalu saja berdalih ada jutaan TKI kerja di LN, negara lain tdk protes, kok kita protes membanjirnya TKA ke sini. Mereka tdk protes karena mereka butuh TKI kita. Kita protes karena kita tidak butuh TKA. Disini msh banyak yg miskin dan nganggur, untuk apa TKA?,” tulis akun @Ysrilihza_Mhd dalam akun twitternya, Kamis (26/4).

Cuitan tersebut sontak disambar oleh Menteri Tenaga Kerja Indonesia Hanif Dhakiri. Ia justru menanyakan pada saat Yusril menjadi Menteri apa tidak ada TKA.

“Maaf bang, apa saat abang menteri gak ada TKA di Indonesia? Kalau ada, apa abang protes?,” sambar akun @hanisdhakiri beberapa jam kemudian.

Pertanyaan tersebut pun langsung dijawab oleh Yusril tiga jam kemudian. Ia menegaskan ada, namun soal TKA ada skala prioritas dan tidak lepas kontrol seperti yang terajadi pada saat sekarang ini.

“Ada, tapi kami batasi hanya pada level manajemen dan tenaga skill yang blm bisa dilakukan oleh tenaga kerja Indonesia. Kami tidak jor2an izinkan buruh kasar masuk ke sini, terutama dari Tiongkok seperti ketika anda jadi menteri,” jawab Yusril.

Beragam komentar pun dilontarkan ratusan nitizen. Pertanyaan itu dianggap tidak berbobot, bahkan ada juga yang menanyakan keperpihakan Hanif Dhakiri soal membludaknya TKA di Indonesia.

“Bapake menteri @hanifdhakiri jika buruh kasar aja di pegang oleh tenaga kerja cina, trus tenaga kerja lokal mau kerja apa..??? Anda ini menteri tenaga kerja indonesia atau menteri tenaga kerja cina..??
Kami tdk butuh tenaga kerja cina yg kami butuh #2019GantiPresiden,” tanya akun @newsjundi

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Apakah Berita Ini Benar? Mohon konfirmasinya!

Kemudahan di bidang teknologi informasi membawa implikasi mudahnya seseorang menyebarkan pesan apapun yang ia terima. Apakah pesan tersebut benar, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan dunia...

Ilmu Tafsir Tingkat Dasar : Fardhu Ain Bagi Muslim

Al Quran diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk hidup, sekaligus pembeda (Furqon). Petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, dan pembeda antara orang yang beriman dengan orang...

Bandara Baru A. Yani Semarang Disiapkan Menyambut Mudik Lebaran

Tidak sampai sebulan lagi lebaran tiba. Bandara A.Yani Semarang terus berbenah menyiapkan fasilitas yang layak untuk bandara baru yang tidak jauh letaknya di belakang...
loading...