Kotawaringin Barat – Mushalla dengan luas 6×6 meter yang dibangun di tempat Lokalisasi Sungai Pakit Pangkalan Banteng Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, menjadi tempat ibadah dan belajar seni rabana para pekerja seks komersial (PSK). Meski Lokalisasi tersebut hendak ditutup oleh pemerintah daerah, namun hal itu tidak menyurutkan niat Diran, Ketua RT 12 dalam upaya memberikan tempat kepada para PSK untuk mengadukan hidupnya kepada Sang Maha Kuasa.

“Bagaimana lagi, namanya rakyat ya harus mematuhi peraturan pemerintah. Soal bangunan Mushalla ya tidak ada yang sia-sia,” ucap Diran, saat ditemui di kediamannya, Rabu (11/4).

Mushalla tersebut diharapkan, sambung dia, disamping sebagai sarana meningkatkan ketaqwaan warga setempat, juga menjadi tempat ibadah para warga yang lain (PSK), sehingga bisa mengikuti berbagai kegiatan pengajian.

“Kalau mereka sadar dengan sendirinya kan bagus. Maka kami siapkan tempatnya bagi yang mau beribadah,” ujarnya.

Selain daripada itu, untuk memberikan bimbingan membaca Al-Qur’an, tata cara berwudlu dan shalat sudah disediakan beberapa ustadznya. Bahkan, kata dia, beberapa kali sudah ada latihan seni kasidah rebana dan shalawatan.

“Upaya ini diharapkan bisa menjadi penyebab mereka kembali seperti layaknya masyarakat pada umumnya. Bahkan, beberapa kali mereka sudah latihan kasidah rebana,” imbuh dia.

Meski pekerjaan mereka menjadi wanita penghibur, lanjut dia, tetapi tetap menjalankan ibadah dan ingat kepada Sang Maha Kuasa. Hal itu terbukti, pada hari-hari biasa sebagian dari mereka menjalankan shalat, disaat ramadhan berpuasa dan menjalankan shalat tarawih.

“Rencanya Mushalla ini untuk shalat tarawih berjamaah dengan para penghuni wisma (PSK). Tapi karena Lokalisasi ini mau ditutup, ya nanti diisi warga yang menetap saja,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Apakah Berita Ini Benar? Mohon konfirmasinya!

Kemudahan di bidang teknologi informasi membawa implikasi mudahnya seseorang menyebarkan pesan apapun yang ia terima. Apakah pesan tersebut benar, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan dunia...

Ilmu Tafsir Tingkat Dasar : Fardhu Ain Bagi Muslim

Al Quran diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk hidup, sekaligus pembeda (Furqon). Petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, dan pembeda antara orang yang beriman dengan orang...

Bandara Baru A. Yani Semarang Disiapkan Menyambut Mudik Lebaran

Tidak sampai sebulan lagi lebaran tiba. Bandara A.Yani Semarang terus berbenah menyiapkan fasilitas yang layak untuk bandara baru yang tidak jauh letaknya di belakang...
loading...