Pengajian Embun Pagi Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) Bondowoso kembali digelar pada hari Ahad (6/5). Kajian rutin bulanan ini bertempat di Asrama Tahfiz Qur’an Bina Insan Cemerlang (BIC) Wonosari Bondowoso.

Pengajian kali ini tergolong istimewa. Ada pesan khusus dari KH Muhammad Ma’shum pimpinan pondok pesantren Al Islah Bondowoso.

Kyai ma’shum, ulama yang sangat disegani ini, sedianya akan hadir langsung. Namun karena beliau masih dirawat di RS Delta Sidoarjo, pemateri pengajian Embun Pagi diwakilkan ke ustadz Danok Sujiatno.

Dalam tausiyahnya, ustadz Danok lebih banyak menyampaikan pesan langsung KH Muhammad Ma’shum. Diantara pesan beliau agar jama’ah selalu ingat kepada Allah.

“Kyai Ma’shum berpesan, Jamaah sekalian jangan terputus hubungan dengan Allah”, ujar Ustadz Danok.

“Beliau anjurkan untuk setiap hari membaca Al Qur’an, selalu shalat malam, memperbanyak istighfar, bersedekah dan senantiasa mengajak manusia kepada kebaikan” tambah ketua IKADI Bondowoso ini dalam ceramahnya.

Di tengah jamaah pengajian, kedatangan tamu santri dari Ibnu Katsir. Salah satu santrinya di daulat sebagai pembaca Qur’an.

Selain itu, juga disampaikan perkembangan santri tahfidz Qur’an BIC. Belum genap setahun mereka ‘nyantri’, tapi alhamdulilah kini sudah ada yang hafal 5 juz. Padahal santri-santri itu berasal dari pelosok desa dan bacaan Qur’an seadanya saat awal masuk kelas tahfidz.

Agar kegiatan Ikadi Bondowoso semakin luas kemanfaatannya, panitia juga menyampaikan beberapa kegiatan Ikadi lainnya. Diantarnya adalah layanan ruqyah syar’iyyah setiap pekan. Ada juga layanan ruqyah rumah insidental. Kajian fiqh ibadah dua pekan sekali dan gowes pekanan.

Para Da’i Ikadi Bondowoso juga banyak mengisi khutbah Jum’at di beberapa masjid. Mereka juga menjadi da’i siaga yang sering diundang untuk mengisi pengajian di masyarakat serta khotib hari raya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Apakah Berita Ini Benar? Mohon konfirmasinya!

Kemudahan di bidang teknologi informasi membawa implikasi mudahnya seseorang menyebarkan pesan apapun yang ia terima. Apakah pesan tersebut benar, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan dunia...

Ilmu Tafsir Tingkat Dasar : Fardhu Ain Bagi Muslim

Al Quran diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk hidup, sekaligus pembeda (Furqon). Petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, dan pembeda antara orang yang beriman dengan orang...

Bandara Baru A. Yani Semarang Disiapkan Menyambut Mudik Lebaran

Tidak sampai sebulan lagi lebaran tiba. Bandara A.Yani Semarang terus berbenah menyiapkan fasilitas yang layak untuk bandara baru yang tidak jauh letaknya di belakang...
loading...