Paris – L’Oréal Paris membuat gebrakan dengan memakai jasa seorang wanita berhijab Amena Khan, blogger asal inggris, untuk promosi produk perawatan rambut terbarunya, Elvive.

Amena, seorang blogger, model, dan co-founder Ardere Cosmetics, menyebut kolaborasi ini sebuah “pengubah peta permainan”. Dia menjadi wanita pertama yang mengenakan jilbab untuk ditampilkan dalam iklan rambut utama sebuah merek kosmetik internasional.

“Berapa banyak merek yang melakukan hal seperti ini? Tidak banyak,” kata Khan kepada Vogue Inggris (14/1). “Mereka benar-benar menempatkan seorang gadis dengan jilbab,  yang rambutnya tidak bisa Anda lihat, dalam kampanye (kesehatan dan keindahan) rambut. Apa yang mereka hargai dalam kampanye ini menjadi suara bagi kami.”

Pada saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump dianggap kian memperkuat pesan Islamofobia di kelompok sayap kanan di luar negeri seperti Britain First, beberapa merek global lain, seperti CoverGirl, Mattel dan Nike, mulai memberikan ruang tampil yang lebih besar bagi wanita Muslim, dengan menggunakan model berhijab.

(Keterangan Foto: Pada tahun 2016, merek kosmetik AS CoverGirl juga menggunakan model berhijab, Nura Afia)

“Bagi saya, rambut merupakan cerminan dari feminitas saya,” kata Khan lebih lanjut. “Saya suka menata rambut saya, saya suka meletakkan produk di dalamnya, dan saya suka mencium baunya. Itu ungkapan siapa saya,” ucapnya seraya menekankan bahwa rambut merupakan bagian penting bagi wanita muslim yang senantiasa dirawat.

“Saya mulai memakai jilbab di usia dua puluhan. Sebelum itu saya tidak pernah melihat ada orang yang dapat saya kaitkan di media. Itu selalu membuat kami gembira dan heboh saat melihat wajah berkulit gelap di televisi!” Amena berharap kehadirannya di media dapat menginspirasi gadis gadis remaja muslim lainnya.

Sejak kampanye rambut L’Oreal ini berlangsung pekan lalu, Amena menerima banyak pesan dukungan di media sosial atas prestasinya mewakili wanita berhijab. Banyak pula yang mendorongnya untuk tetap memberdayakan wanita, terutama para hijabi, sebutan bagi hijaber di luar sana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda