close
Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Turki Tetap di Afrin Sampai Situasi Aman

Istanbul.- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan pasukannya akan tetap berada di wilayah Afrin, Suriah, hingga situasi aman. Hal ini disampaikan Erdogan saat berbicara di Istanbul Youth Festival, Jum’at, 4/5/2018.

“Kita akan tetap di Afrin untuk memastikan wilayah tersebut terjamin keamanannya.  Wilayah Idlib, Tal Rifaat dan Manbij juga akan menjadi target selanjutnya,” ujar Erdogan

Anadolu Agency melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Turki pada hari Sabtu, 5/5/2018 membantah pernyataan menlu Amerika Serikat yang menyatakan bahwa warga Afrin diduga tidak diizinkan kembali ke rumah mereka.

Loading...

“Juru bicara Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah konferensi pers pada 3 Mei 2018 telah membuat pernyataan yang salah tentang Afrin. Turki telah berupaya untuk menormalkan situasi di Afrin dan memfasilitasi pengembalian masyarakat lokal dengan aman,”  kata juru bicara Departemen Luar Negeri Turki Hami Aksoy.

Aksoy menyebut, YPG/PKK selalu berusaha untuk melakukan kampanye kotornya terhadap Turki, sementara faktanya dilapangan adalah bahan peledak dan ranjau yang mereka tanam merupakan ancaman bagi warga dan mencegah mereka untuk kembali ke rumah.

Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun pada 20 Januari tahun ini untuk membersihkan kelompok YPG / PKK dan ISIS dari Afrin, di tengah meningkatnya ancaman dari wilayah tersebut.

Menurut militer Turki, operasi tersebut dilaksanakan berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak membela diri di bawah piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah,.

Pada 18 Maret, pasukan Turki dan anggota Tentara Pembebasan Suriah membebaskan kota Afrin yang menjadi tempat persembunyian kelompok PKK sejak 2012.

Langganan berita lewat Telegram
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Elfizon Amirhttps://elfizonamir.blogspot.co.id/
Direktur Eksekutif DHIBS Pasaman Barat Dokter di RS Islam Ibnu Sina Simpang Empat Yarsi Sumbar Penulis Pemerhati sosial politik
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

Loading...

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER