Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Turki Berusaha Mengembalikan Artefak Bersejarah

Ankara, SERUJI.CO.ID – Serdal Kuyucuoglu anggota parlemen Turki, menyatakan bahwa Turki tengah berusaha mengembalikan ribuan artefak kuno yang telah dijarah dalam 200 tahun terakhir dari Anatolia.

“Banyak barang yang dicuri dari Turki yang sekarang disimpan di museum AS, Inggris, Portugal, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani,” katanya seagaimana dilansir Al Jazeera beberapa hari yang lalu.

Kuyucuoglu adalah seorang anggota parlemen Turki dari komisi yang bertugas memulihkan harta yang kini berada di museum dan koleksi pribadi di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Komisi yang dibentuk Oktober tahun lalu berkeliling Eropa untuk mengembalikan artefak kekaisaran Ottoman yang sudah lama terlupakan.

“Turki adalah museum terbuka,” kata Kuyucuoglu. “Banyak kebudayaan tumbuh di Turki yang menjadi sumber artefak arkeologi.”

Dari awal 1800-an dan seterusnya, arkeolog asing berbondong-bondong datang ke Anatolia dan kemudian menggali situs kuno. Sekarang Turki menginginkan harta kunonya kembali dan menghentikan perdagangan ilegal.

“Anatolia menangis karena benda-benda ini mereka curi dari tanahnya. Turki negeri yang kaya budaya tapi punya sedikit koleksi”, kata Kuyucuoglu.

Menurut kementerian kebudayaan, lebih dari 4.300 artefak telah dipulangkan sejak 2003, meskipun Kuyucuoglu mengatakan 150.000 hingga 200.000 masih di luar negeri di banyak museum terkemuka seperti Louvre di Paris dan Victoria dan Albert Museum di London.

“Di pasar ilegal pada tempat-tempat tertentu di Istanbul, ada orang-orang yang menjual artefak kepada kolektor terkenal melalui perantara,” kata Kuyucuoglu.

Kuyucuoglu menginginkan kontrol yang lebih ketat dan hukuman yang lebih berat, bahkan jika perlu digantung jika mereka masih menyelundupkan.

“Mungkin beberapa tahun yang lalu kami memiliki sumber daya yang terbatas untuk merawat barang-barang tersebut, tetapi sekarang kami memiliki kemampuan untuk melakukannya,” Kuyucuoglu mengakhiri. (Elfizon Amir)

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Elfizon Amirhttps://elfizonamir.blogspot.co.id/
Direktur Eksekutif DHIBS Pasaman Barat Dokter di RS Islam Ibnu Sina Simpang Empat Yarsi Sumbar Penulis Pemerhati sosial politik
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER