Ruang seminar gedung giri pasca UPN “Veteran” Jawa Timur, dua hari kemarin (15-16/3) dipenuhi peserta workshop penulisan jurnal internasional. Acara ini diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Komputer, UPN Veteran Jawa Timur Surabaya.

Dalam sambutannya, Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Teguh Sudarto, MP menyampaikan bahwa selain dosen dan mahasiswa akhir UPN, juga ada undangan kolega kampus di sekitar Surabaya. “Terima kasih kepada pemateri dan peserta yang hadir termasuk undangan dari kolega dosen dari kampus lain”, tuturnya.

Ada 3 materi di hari pertama. Materi pertama Overview Industry 4.0 yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ing. Yul Yunazwin Nazaruddin, IPM. Materi kedua, Instrumentation & Control in Industri 4.0, yang dipresentasikan Dr. Augie Widyotriatmo. Materi akhir di hari pertama ditutup oleh Ir. Endra Joelianto, Ph.D dengan judul materi, Cyber Physical Control in Industri 4.0.

Hari kedua workshop, jum’at 16 Maret 2018, mengambil tema “ The Craft of Research. From Research Topics, Questions, to Writing “. Fokus materinya pada “Writing & Review Process” yang dibawakan dengan runtut oleh Ir. Endra Joelianto, Ph.D dari Insitut Teknologi Bandung (ITB).

“Penelitian yang baik akan menghasilkan tulisan yang baik dan tulisan yang baik akan menghasilkan jurnal yang baik”, ujar doktor di bidang sistem control ini.

Saat sesi pertanyaan, salah satu peserta bertanya “Bolehkah jurnal yang kami kirim dalam dua bahasa? Satu jurnal bahasa inggris yang dikirim ke jurnal internasional. Satunya dengan isi yang sama tetapi berbahasa Indonesia yang dikirim ke jurnal nasional”.

Dengan tegas Dr. Endra menjawab, “Jelas tidak boleh. Itu melanggar etika”.

    Dosen dan praktisi di bidang IT yang juga aktif berorganisasi. Selain di Seruji, aktif juga di Yayasan Pengembangan SDM IPTEK sebagai sekretaris dan sebagai humas di Pengurus Wilayah Ikatan Dai Indonesia (PW IKADI) Jawa Timur .

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan isi komentar anda
    Masukan Nama Anda