close
Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Menteri Agama Harap Saudi Arabia Bangun Toilet Tingkat

Palangkaraya – Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Syaifudin dalam sambutannya pada acara peresmian gedung Haji Al-Mabrur, Palangkaraya Kalimantan Tengah, Jum’at (4/5) mengatakan kemungkinan tambahan kuota bagi jamaah haji asal Indonesia maupun negara lainnya.

“Secara ketentuan syar’i, ya hanya disitu (Mina), maka satu-satunya cara untuk menambah daya tampung ya ke atas bukan ke samping. Jadi selama Saudi tidak membangun tenda tingkat, dan toilet yang juga tingkat, maka menambah kuota haji justru rawan karena mengancam jamaah haji itu sendiri,” ucap Lukman Syaifudin.

Diketahui, sambung Lukman, sekitar 2,5 juta jamaah haji sedunia berada di wilayah terbatas itu, sudah sempit sekali. Jumlah kuota jamaah haji Indonesia tidak berubah, tetap 221 ribu calon jamaah haji, terdiri dari alokasi 204 ribu yang reguler yang dikelola oleh kementerian agama (Kemenag) dan 17 ribu alokasi jamaah haji khusus yang dilakukan agen diluar Kemenag.

Loading...

“Perlu diketahui supaya masyarakat memahami dengan baik. Terkait penambahan kuota, selama itu (Armina) belum dibangun lebih memadai, ya mustahil. Mina itu areanya sangat tertentu. Beda dengan Mekkah,  Madinah, dan Arofah sekalipun, yang bisa diperluas sekehendak hati kita. Mina tidak bisa diperluas karena arealnya terbatas disitu saja,” pungkasnya.

Langganan berita lewat Telegram
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Suhud Mas'ud
Dewan Pengawas Executiv YATARIS GP Ansor Kotawaringin Barat Pengurus FKUB Pemerhati Budaya Daerah
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

Loading...

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER