close
Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Jokowi Resmikan Minangkabau Ekspres

Padang — Presiden Joko Widodo meresmikan Keretapi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang diberi nama Minangkabau Ekspres di stasiun bandara, Padang, Sumatera Barat, Senin21/5/2018. Kehadiran Kereta bandara ini menambah keunggulan pelayanan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Tidak hanya menekan kepadatan lalu lintas di jalan raya, tapi juga menurunkan antrian mobil penunggu di lapangan parkir bandara hingga kepadatan kendaran yang sudah mulai muncul di bandara bisa berkurang dan pengunjung menjadi lebih nyaman.

“Transportasi massal seperti kereta api bandara ini akan terus diperbanyak untuk mengatasi macet di perkotaan,” kata Kepala Negara.

Keretapi jauh lebih unggul dibandingkan alat transpor lain karena bisa memindahkan sejumlah besar orang dan barang dalam skala waktu yang lebih terukur dibandingkan kendaraan yang ada di jalan raya. Jadi keretapi bandara dapat menjadi kendaraan alternatif bagi penumpang pesawat udara karena dibandingkan kendaraan lain lebih terjamin disaat harus mengejar waktu untuk berangkat.

Dari sekitar 237 bandara di Indonesia, kereta api yang terintegrasi langsung dengan bandara di kota Padang ini merupakan yang ketiga di Indonesia setelah di Kualanamu, Sumatera Utara, dan Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Waktu tempuh keretapi dari Stasiun Simpang Haru di pusat kota menuju Bandara Internasional Minangkabau sekitar 40 menit, termasuk waktu berhenti pada dua stasiun yang dilalui yaitu Tabing dan Duku.

Pengoperasian keretapi bandara tidak hanya memudahkan penumpang pesawat udara namun juga transportasi masyarakat umum. Masyarakat yang ada di batas kota khususnya di kawasan Duku, selama ini jika mau ke pusat kota harus dua kali naik kendaraan. Dengan adanya keretapi bandara cukup sekali dan ongkosnya hanya Rp10 ribu.

Keberadaan kereta api bandara merupakan anugerah bagi masyarakat Minang, dan diyakini keberadaannya tidak akan mematikan bus atau taksi yang telah lebih dahulu melayani rute tersebut.

Langganan berita lewat Telegram
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Elfizon Amirhttps://elfizonamir.blogspot.co.id/
Direktur Eksekutif DHIBS Pasaman Barat Dokter di RS Islam Ibnu Sina Simpang Empat Yarsi Sumbar Penulis Pemerhati sosial politik
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

Loading...

TANGGAPAN TERBANYAK

20181212_210847_0000[1]

Mertua VS Menantu

1544415697806_3

Pramuka dan TNI Gelar Acara Persami

TERPOPULER