Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Jamaah Sholat Jum’at Perdana di Masjid Baiturrahmah Sukoharjo Membludak

Jum’at (4/5/2018), masjid Baiturrahmah yang diresmikan pada hari itu juga oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, dipenuhi oleh jamaah sholat jum’at. Masyarakat Sukoharjo antusias berduyun-duyun datang dari berbagai kecamatan demi mensyukuri diresmikannya masjid jami’ yang megah yang berlantai 3 ini. Jamaahnya didominasi kaum Adam yang berjejalan sampai dilantai 3, Jamaah putri menempati 2 shof paling belakang di lantai 3.

Panggung peresmian masjid Baiturrohmah

“Senang sekali masjid ini sudah bisa dimanfaatkan, tadi saya dari jemput ponakan pulang sekolah langsung kesini untuk ikut sholat Jumat,” ujar Bah Otok salah satu jamaah dari kecamatan bendosari.

Antrian panjang wudlu tak terelakkan, bahkan jamaah putra sampai ada yang harus berwudlu ditempat wudlu putri. Sedangkan jamaah putri berwudlu di lantai 2. Tak ketinggalan PDAM Sukoharjo menghadirkan truk tangki air untuk mengantisipasi membludaknya jamaah kali ini.

Tangki air PDAM yang dimanfaatkan untuk berwudlu

Khotib berkhutbah dengan durasi yang cukup lama, mungkin dimaksudkan agar jamaah yang membludak ini bisa punya waktu lebih longgar dalam antrian wudlu sehingga mereka semua tidak ketinggalan sholat.

Masjid ini mempunyai 6 menara dengan 2 menara utama setinggi 30 m. Gaya arsitektur khas timur tengah nampak pada interior maupun eksterior bangunan. Kubah utamanya berwarna hijau dan kuning keemasan. Untuk menuju lantai 3 jamaah bisa menggunakan fasilitas lift maupun tangga biasa.

Salah satu sudut masjid Baiturrohmah

Masjid Baiturrohmah  juga menyediakan ruang penginapan bagi para musafir yang dibangun persis dibelakang bangunan masjid, selain itu ada juga perpustakaan yang bisa menambah wawasan para jamaahnya. Kantor MUI pun juga dibangun dikompleks itu.

Masjid Agung Baiturrahmah merupakan masjid milik pemda Sukoharjo, berada di pusat kota pemerintahan Kabupaten Sukoharjo yang lokasinya tak jauh dari kantor pemda, gedung DPRD, rumah dinas bupati dan alun-alun Sukoharjo.

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Endang S
Ibu rumah tangga yang dokter, bekerja di dalam dan di luar rumah. Sedang caper sama Allah melalui GMKM. Memimpikan kesetaraan pembangunan kesehatan di seluruh wilayah NKRI
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER