Gunakan Wifi Gratis, Sejumlah Remaja Buka Situs ini

Kotawaringin Barat – Sejumlah remaja dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi, Rabu (4/4/2018) tampak duduk berkelompok di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) jalan Sutan Syahrir Pangkalan Bun Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah. Kehadiran mereka guna mengerjakan tugas sekolah dan kampus dengan membuka situs-situs pendidikan sesuai mata pelajaran atau kuliahnya.

“Kami sering gunakan fasilitas ini. Lebih hemat karena mengurangi jatah pembelian kuota internet,” ujar Gina mahasiswi pertanian Universitas Antakusuma (Untama) Pangkalan Bun saat ditemui.

Menurutnya, internet gratis yang disediakan oleh Pemda Kobar dinilai sangat efektiv dan sangat membantu dalam kegiatan kampus. Karena, hal itu dinilai bisa mendorong percepatan pendidikan, dan mempermudah mendapatkan berbagai informasi terbaru. Namun demikian, keluh Gina, ia berharap kepada pihak pengelola agar menambah kecepatan internetnya karena sudah mulai melambat (lelet).

Ungkapan serupa juga disampaikan Natalia, gadis manis mahasiswi Untama jurusan pertanian semester IV itu lebih memilih membaca buku guna menambah wawasannya. Namun, dalam pantauan awak media, ia juga sesekali membuka handphone dan belajar melalui internet sebagai refrensinya.

“Disamping saya buka situs pendidikan tentang pertanian juga baca buku panduan lainnya. Keduanya itu penting, satu sama lain saling melengkapi,” ucap Natalia.

Buku yang tersedia di perpustakaan, imbuhnya, dianggap kurang lengkap dan masih perlu penambahan. Karena banyak mata kuliah yang bukunya belum didapatkan. Menurutnya, buku untuk mahasiswa baru tersedia sekitar 80 persen, sedangkan buku-buku lainnya untuk pendidikan para pelajar berbagai tingkatan.

Menanggapi keluhan itu, Petugas Bagian Pelayanan dan Sirkulasi, Desi (22) saat ditemui menjelaskan, jika dirinya akan menindaklanjuti usulan tersebut. Menyinggung leletnya jaringan internet, ia menilai hal itu sangatlah wajar karena banyak yang menggunakan.

“Soal buku yang dibutuhkan nanti akan kami anulir, sedangkan internet lambat itu memang karena banyak pemakainya,” terangnya.

Desi juga menjelaskan internet yang disediakan cukup memberikan banyak kemudahan bagi para pengunjung. Diantaranya dibuka selama 24 jam dan mempersilahkan kepada siapa saja untuk menjadi anggota tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Keuntungannya menjadi anggota sekali login waktunya 5 jam. Sedangkan untuk tamu waktunya dibatasi hanya 1 jam. Keduanya bisa login ulang setelah putus, tidak ribet. Tapi saran kami daftar saja menjadi anggota, syaratnya cukup foto copy KTP Kobar dan gratis,” pungkas Desi di ruang kerjanya.

Loading...
Suhud Mas'ud
Dewan Pengawas Executiv YATARIS GP Ansor Kotawaringin Barat Pengurus FKUB Pemerhati Budaya Daerah
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER

SAVE_20180815_181535

Harapan Jonru Ginting untuk Prabowo Sandiaga

Lewat tulisan tangan yang dia tulis dari Rutan Cipinang. Berikut isi suratnya: Selamat berjuang untuk Prabowo Sandi. Saya dari balik jeruji penjara terus berdoa semoga...
FB_IMG_1534511438425

Bedanya Sandiaga Uno dan Pak Jokowi