Kotawaringin Barat – Ribuan peserta didik mulai dari Sekolah Dasar (SD),  SMP, SMA, SMK dan sederajat mengikuti Festival Lomba Budaya Nasional tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah.

Acara pembukaan Festival yang dihelat di Taman Kota Pangkalan Bun, Senin (12/3/2018) pagi, resmi dibuka oleh Bupati Kobar Nur Hidayah. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan kepada 1.349 peserta yang mengikuti lomba agar tetap menjunjung tinggi sportivitas.

“Festival ini merupakan ajang mancari bakat. Maka harus menjunjung tinggi sportivitas, jujur dan jangan curang,” ucap Nur Hidayah yang disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Selain itu pula, usai membuka kegiatan, Bupati juga menjelaskan kepada sejumlah awak media, jika tujuan diselenggarakannya festival  adalah untuk mengenalkan berbagai jenis kebudayaan daerah kepada peserta didik dan juga masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat. Bahkan, kata dia, dengan kegiatan itu akan menarik para wisatawan.

“Tujuan digelarnya festival ini agar masyarakat Kobar lebih mengenal budayanya sendiri. Dan juga bertujuan untuk menarik wisatawan asing maupun lokal yang datang di Kabupaten Kobar,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Kobar ini.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Aida Lailawati dalam pidatonya mengatakan lomba yang digelar sebagai sarana untuk memacu kreativitas anak didik sekaligus mengenalkan budaya daerah. Sehingga, lanjut dia, nantinya akan muncul tunas-tunas baru yang mampu bertanding pada tingkat nasional dan membawa nama baik untuk Kabupaten Kobar.

“Lomba budaya nasional seperti ini nantinya akan menjadi agenda tahunan. Dengan harapan akan muncul putra putri daerah yang bisa membawa nama harum Kobar,” ujar Aida di depan ribuan peserta lomba dan juga para pejabat Muspida.

Aida juga mengatakan jika festival  tersebut akan dilaksanakan selama hampir dua pekan dengan empat lokasi lomba yang bebeda, dan rencananya akan ditutup pada 24 Maret mendatang.

    Dewan Pengawas Executiv YATARIS GP Ansor Kotawaringin Barat Pengurus FKUB Pemerhati Budaya Daerah

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan isi komentar anda
    Masukan Nama Anda