Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

Belanda Dukung Parade Perahu Protes Blokade Israel Terhadap Palestina

Amsterdam — Aktivis Belanda di Amsterdam, mendukung parade perahu yang memprotes aksi blokade Israel terhadap Palestina selama satu dekade belakangan.  Sambil melambaikan bendera Palestina, aktivis juga meneriakkan slogan dan membagikan brosur yang menggambarkan tujuan dari parade perahu itu dan masalah kemanusiaan di Gaza.

Anadolu Agency, 3/6/2018, melaporkan bahwa di antara empat kapal dari armada Flotilla Coalition di Amsterdam yang akan menuju ke Gaza, satu kapal dijuluki “Al-Awda” yang berangkat dari Norwegia.  Kapal-kapal itu diharapkan tiba di Rotterdam pada akhir pekan. Sementara akan tiba di Gaza pada Juli mendatang.

Sebelumya, Sebagai bagian dari kampanye tahun ini yang diluncurkan oleh Internasional Freedom Flotilla Coalition (FFC), 5 kapal telah berlayar menuju Jalur Gaza sejak 15 Mei lalu saat hari peringatan berdirinya Israel atau sebuah acara yang disebut oleh Warga Palestina sebagai malapetaka.

Loading...

Berdasarkan laporan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, hingga akhir 2016 lalu, 1,3 juta warga Gaza bergantung pada bantuan internasional untuk dapat bertahan hidup, sementara hampir separuh keluarga di Gaza tidak memiliki akses untuk mengamankan pasokan makanan.

Parade perahu itu juga bertujuan untuk menegaskan kembali bahwa warga Palestina yang telah terusir sejak 1948 lalu dari tanah kelahirannya harus mendapatkan haknya kembali.

Pada 30 Maret, warga Palestina memulai aksi damai berturut-turut selama enam pekan atau yang mereka sebut “Great Return March” di sepanjang perbatasan timur di Gaza – Israel. Aksi itu dilakukan untuk menuntut hak mereka kembali ke kota dan desanya di Palestina. Dalam aksi itu setidaknya 118 demonstran meninggal dunia dan ribuan lainnya terluka akibat kekejaman tentara Israel di dekat pagar keamanan Gaza – Israel.

Langganan berita lewat Telegram
Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Elfizon Amirhttps://elfizonamir.blogspot.co.id/
Direktur Eksekutif DHIBS Pasaman Barat Dokter di RS Islam Ibnu Sina Simpang Empat Yarsi Sumbar Penulis Pemerhati sosial politik
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

Bungkusan Busuk Film GoT

20181004_055740

Alangkah Bahagianya Masuk Sorga

TERPOPULER

close