Setelah berjuang setahun lamanya, akhirnya Komunitas Koperasi Syariah Jakarta Pusat 1 berhasil mewujudkan 212 Mart pertamanya. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada hari Jumat, 29 Juni 2018. Dikelola oleh Koperasi Mitra Ummat Global (KMUG), 212 Mart Al Iman berlokasi di Jl. Ranjau No. 14, Kompleks Kodam, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

212 Mart Al Iman dihadiri oleh Eka Rusmiyanti, Ketua Koordinator Komunitas Koperasi Syariah 212 Pusat yang per 17 Mei 2018 membawahi 208 Komunitas Koperasi Syariah 212 di seluruh Indonesia. Dalam sambutannya Eka Rusmiyanti merasa terharu dengan Grand Opening 212 Mart Al Iman siang itu.

Menurutnya acara tersebut melibatkan Allah SWT melalui sholat dhuha dan pembacaan Surah Al Waqiah berjamaah yang dilaksanakan menjelang acara Grand Opening.

Eka Rusmiyanti juga mengapresiasi perjuangan Komunitas Koperasi Syariah Jakarta Pusat 1 yang diketuai oleh Hayati Siahaan dalam mencari lokasi, mengurus perijinan dan menggalang investor yang prosesnya tidak mudah. Menurutnya, perkembangan 212 Mart sangat menggembirakan dimana  setiap minggu diresmikan gerai-gerai baru di seluruh Nusantara.

Bahkan perkembangan KS 212 telah mencapai negara-negara lain dengan terbentuknya Komunitas KS 212 di Malaysia, Qatar, Turki, Arab Saudi, Hongkong, dan Korea Selatan. Dengan pekikan Takbir dan pengguntingan pita, Eka Rusmiyanti meresmikan gerai 212 Mart Al Iman yang berada di bangunan menara masjid Al Iman. Minimerket tersebut memiliki tipe A dan merupakan gerai ke-183 yang telah diresmikan oleh KS 212 Pusat.  

Sejauh ini di Jakarta Pusat terdapat dua buah 212 Mart, salah satunya adalah DB Mart di Jl. Rawamangun No. 42 A, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, sebuah co branding 212 Mart yang dikelola oleh Koperasi Berkah Amanah (Yayasan Dahsyatnya Baitullah). 212 Mart Al Iman memiliki arti simbolis yang kuat bagi KS 212, karena terletak di lokasi terdekat dengan Monumen Nasional tempat terjadinya peristiwa 212 pada 2 Desember 2016.  

Sebelumnya, Do’a peresmian 212 Mart dipimpin oleh Ustadz Syahrir. Dalam sambutan sebelum peresmian, ketua DKM Al Iman, Mayjend (Purn.) Indra Hidayat menyambut baik pembukaan 212 Mart Al Iman. Menurutnya untuk membangkitkan ekonomi ummat, di jaman Rasulullah terdapat tempat-tempat perniagaan di sekitar masjid. Masjid Al Iman memiliki potensi ekonomi yang besar, dimana memiliki sekitar 2000 jamaah Sholat Jumat. Ditambahkannya, 212 Mart tidak ada kaitannya dengan politik namun murni gerakan ekonomi untuk memberdayakan ummat.    

Indra Hidayat juga memberikan masukan agar 212 Mart Al Iman mengutamakan sedekah rutin setiap pagi agar lebih berkah dan maju. Diharapkan bukan hanya aktivitas ekonomi, minimarket juga berfungsi sebagai perekat ukuwah ummat. Dalam sambutan mewakili ketua umum, ketua pengawas KMUG  menekankan potensi ekonomi yang akan tergalang melalui pembukaan 212 Mart Al Iman, misalnya melalui ruang untuk memasarkan produk-produk UMKM.      

Peresmian 212 Mart Al Iman dihadiri oleh ratusan investor, jamaah dan masyarakat di sekitar masjid Al Iman. Dalam acara Grand Opening tersebut disediakan makan siang gratis bagi semua pengunjung, juga berbagai hadiah langsung, seperti  tuperware, payung dan mug cantik.   

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

loading...
BACA JUGA

TULISAN WARGA TERBARU

Tidak Lama Lagi, Pangkut Bakal Jadi Kota

Kotawaringin Barat - Jalan sepanjang 8 kilo meter dengan lebar 20 meter pembangunannya digeber guna mempersiapkan pemekaran desa. Pelebaran dan pembuatan jalan poros baru...

Terkait Demo Astra, Darsani Angkat Bicara

Kotawaringin Barat - Darsani Bin Alfius Mahi, tokoh masyarakat Dayak Pangkut Arut Utara Kotawaringin Barat (Kobar) akhirnya angkat bicara menanggapi aksi demo yang dilakukan...
Irwan Prayitno

Irwan Prayitno : Kita Harus Ukur Bayang Bayang

Irwan Prayitno tidak berharap dirinya untuk jadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden manapun meskipun partainya PKS mengunggulkan dia bersama 8 kader lain. . "Kita...