Ingin Menulis di WARGA SERUJI? Klik disini

IAF 2018, Menuju Indonesia Sebagai Negara Maju

Indonesia Africa Forum (IAF) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada tanggal 10-11 April 2018 telah selesai dengan sukses. Acara yang diprakarsai oleh Kementrian Luar Negeri dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Indonesia dengan negara-negara di Benua Afrika. Bapak H. Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia membuka acara tersebut pada tanggal 10 April 2018 dengan ditandai pemukulan alat musik tradisional sekaligus menyerahkan sebagai cenderamata kepada semua delegasi negara-negara yang hadir.

Kerjasama antara Indonesia dengan negara-negara di Benua Afrika tentunya akan menjadi tantangan bagi pengusaha dan investor untuk mengembangkan pengaruh Indonesia dalam ekonomi di  Benua Afrika. PT INKA, PT Timah, PT WIKA dan Bank EXIM telah memulai peranannya dalam perkembangan ekonomi di Afrika. Beberapa bidang usaha terutama infrastruktur dan pertambangan mulai dikelola dengan kerjasama yang baik antara Indonesia dengan negara-negara di Afrika.

Dalam sambutannya Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia dan Afrika memiliki hubungan sejarah yang tak dapat terpisahkan. Dimulai dengan hubungan baik di awal kemerdekaan antara Presiden Sukarno dengan kepala-kepala negara di Afrika. Hal ini juga diperkuat dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung sebagai bukti bahwa Indonesia dan Afrika merupakan sebuah kesatuan yang tak dapat terpisahkan.

Keberhasilan Indonesia dalam kerjasama terutama secara ekonomi tentunya akan menjadi tantangan untuk mewujudkan Bangsa Indonesia sebagai kekuatan dunia yang patut diperhitungkan. Indonesia dapat menjadi negara yang produktif dalam membantu negara-negara di Afrika yang secara langsung maupun tidak langsung akan mampu memperkuat tata ekonomi bangsa.

Kekuatan bangsa menjadi tidak lagi bertumpu kepada sumber daya alam semata, akan tetapi mampu beralih kepada kekuatan sumber daya manusia. Sebagian sumber daya alam akan memiliki ambang batas ketersediaan, sedangkan sumber daya manusia akan dapat ditingkatkan kualitasnya.

Indonesia menjadi sebuah negara maju bukanlah sebagai sebuah impian, akan tetapi sebuah rencana yang sangat jelas akan terwujudnya. Pengakuan negara-negara di Afrika terhadap keberadaan Indonesia akan semakin kuat dengan terjadinya hubungan bilateral yang baik dan kuat.

 

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya. SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan tersebut, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
Misbah Hadi Wiyonohttp://www.kcu-wooddoor.com
Berprofesi sebagai marketing produk kayu baik lokal/proyek dan export ke Asia, Amerika dan Afrika. Membina Ponpes Darrul Arash - Lebak - Banten Gusdurian dan tidak berafiliasi ke parpol manapun Belajar untuk lebih bermanfaat untuk agama dan bangsa ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER