Apakah Berita Ini Benar? Mohon konfirmasinya!

Kemudahan di bidang teknologi informasi membawa implikasi mudahnya seseorang menyebarkan pesan apapun yang ia terima. Apakah pesan tersebut benar, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat? Bisa jadi urusan yang ke-27.

Penulis sering kali mendapat kiriman broadcast panjang berisi informasi yang tidak jelas kebenarannya. Lebih parah, pesan tersebut dikirimkan di grup. Artinya pesan tidak jelas tersebut diserahkan oleh pengirim kepada banyak orang.

Banyak broadcast panjang yang belum jelas kebenarannya di-share dengan tambahan “Dapat dari grup sebelah. Apakah info ini valid? Mohon infonya!”

Logisnya: apabila seseorang menerima informasi yang tidak jelas dari orang lain, maka bertanya lah kepada pemberi informasi. Kalau dapat dari grup sebelah ya tanyakan lah kepada pengirim di grup sebelah. Bukan malah dikirim/ditanyakan di grup-grup yang lain.

Bagaimana mungkin kita mendapatkan informasi yang benar dan valid apabila ditanyakan bukan kepada sumber informasi?

Bagaimana mungkin mempertanyakan kebenaran kiriman kepada bukan pengirimnya? Apalagi, si pengirim sebelumnya juga dapat dari grup sebelah. Ini namanya konyol.

Keadaan konyol seperti inilah yang kemudian menciptakan broadcast hoax berantai.

Apabila broadcast yang kita dapatkan tersebut mengandung hoax, lalu kita menyebarkannya di grup-grup, walaupun bersembunyi dibalik pertanyaan “Apakah ini benar? Mohon konfirmasinya!”, sama saja kita telah menyebar hoax tersebut.

Maksud hati hendak bertanya, tapi perbuatan kita justru telah menyebarkan hoax itu sendiri.

Perbuatan kita, apapun itu, kelak pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat. Semoga kita semua bisa menjadi muslim yang cerdas dan selektif me-reshare broadcast-broadcast yang kita terima.

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan isi komentar anda
Masukan Nama Anda

TANGGAPAN TERBANYAK

TERPOPULER

SAVE_20180815_181535

Harapan Jonru Ginting untuk Prabowo Sandiaga

Lewat tulisan tangan yang dia tulis dari Rutan Cipinang. Berikut isi suratnya: Selamat berjuang untuk Prabowo Sandi. Saya dari balik jeruji penjara terus berdoa semoga...
FB_IMG_1534511438425

Bedanya Sandiaga Uno dan Pak Jokowi