Topik: Al Quran

Bersikap Terhadap Al Quran dengan Benar

Al Quran diturunkan oleh Allah dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu harus bersikap terhadap Al Quran dengan benar, agar tujuan terlaksana.

Agama yang Benar Itu Satu

Agama itu asalnya satu dari Tuhan yang satu. Pemahaman yang sesat selalu mengarah agar manusia menganggap agama yang benar itu tidak satu.

Al Quran Menguji Bani Israil

Allah menurunkan Al Kitab ke Bani Israil. Oleh karena itu mereka disebut Ahli Kitab. Taurat, Zabur dan Injil adalah nama kitab yang diturunkan kepada Bani Israil melalui para nabi mereka. Kemudian diturunkan Al Quran untuk menguji Bani Israil. 

Argumen Orang Musyrik Sudah Tertebak

Orang-orang musyrik ketika ditanya apa dasarnya mengharamkan sesuatu, maka mereka susun argumen-argumen untuk membantah. Sebelum orang musyrik memberikan argumen, Allah sudah memberi cara bagaimana menanggapinya. Betul, argumen orang musyrik sudah tertebak.  Apa dasarnya orang-orang musyrik mengharamkan sesuatu? Bagaimana cara menanggapi alasan-alasan mereka? Apakah argumen orang musyrik sudah tertebak?

Beriman Itu Peluangnya Kecil

Beriman itu peluangnya kecil. Maksudnya, kemungkinan seseorang menjadi beriman itu lebih sedikit daripada tidak beriman. Kebanyakan orang tidak beriman. Termasuk saat-saat ini.

Bumi Disiapkan Sangat Akurat Untuk Manusia

Manusia adalah makhluk hidup khusus yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Manusia diciptakan bermula dari seorang Adam, setelah segala sesuatu di bumi sudah siap untuk ditinggali. Disiapkan secara sangat akurat untuk manusia.

Jebakan Allah Atas Kaum Musyrikin

Al Quran telah diturunkan dengan berbagai argumentasi yang jelas tanpa bisa dibantah. Juga, banyak ayat yang diulang-ulang dengan maksud tertentu, salah satunya sebagai jebakan Allah atas kaum musyrikin.

Orang Musyrik Menyangka Selamat Selamanya

Orang musyrik menyangka dirinya selamat sampai kapanpun. Namun, nasib di akhirat berkata lain. Akhirat tempat setiap jiwa bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Orang musyrik tidak mampu membawa apapun menghadap Allah.

Sakaratul Maut Nabi Palsu dan Tuhan Palsu

Nasib orang yang mengaku nabi palsu bahkan tuhan palsu diperlihatkan Allah melalui sakaratul maut yang berat.

Alam Diatur Untuk Manusia

Bagi penganut teori Darwin, manusia adalah wujud puncak dari evolusi. Artinya, kondisi dan keadaan yang menyebabkan akhirnya muncul spesies manusia. Berlawanan dengan anggapan ajaran Islam bahwa alam diatur untuk manusia. 
close